Sukses

93 Rumah di Banyumas Rusak Akibat Gempa Kebumen 6,5 SR

Sedikitnya 93 rumah di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan 6,5 skala Richter di Kebumen Sabtu ini.

Sedikitnya 93 rumah di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan 6,5 skala Richter (SR), Sabtu pukul 12.14 WIB. Gempa itu berasal dari perairan dekat Kebumen, yang juga dirasakan di daerah-daerah selatan Jawa Tengah, juga Yogyakarta, dan pesisir Jawa Barat.

"Berdasarkan pantauan kami, gempa tersebut mengakibatkan kerusakan rumah warga dan bangunan di Kecamatan Pekuncen dan Karanglewas," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Banyumas Ahmad Suryanto saat mendampingi Bupati Banyumas Achmad Husein yang sedang melakukan peninjauan di lokasi gempa di Banyumas, Sabtu (25/1/2014).

Lebih lanjut, dia mengatakan, gempa yang mengguncang Kecamatan Pekuncen mengakibatkan 48 rumah di Desa Karangklesem mengalami kerusakan, empat di antaranya roboh.

Selain itu, kata dia, gempa juga merusak 25 rumah di Desa Tumiyang, 16 rumah di Desa Pasiraman Lor, tiga rumah di Desa Candinegara, dan tiga rumah di Desa Cikembulan.

"Bahkan, gempa juga merobohkan bangunan masjid di Desa Pasiraman Lor dan Desa Kranggan," lanjutnya.

Di Kecamatan Karanglewas, tambahnya, gempa mengakibatkan dua rumah di Desa Sunyalangu dan satu rumah di Desa Babakan mengalami kerusakan.

"Hingga saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas bersama Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta dibantu Tim SAR Linmas masih melakukan pendataan dan memberikan bantuan kepada korban gempa. Tidak ada korban jiwa akibat gempa tersebut," jelas Suryanto.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui BPBD akan memberikan bantuan berupa bahan bangunan kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat gempa.

Selain itu, sambungnya, Dinsosnakertrans akan memberikan bantuan bahan makanan, seperti beras, minyak goreng, gula, dan mi instan.

Sementara itu, Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan, lokasi gempa tersebut berada di 8,48 derajat lintang selatan dan 109,17 derajat bujur timur atau 104 kilometer barat daya Kebumen dengan kedalaman 48 kilometer.
     
"Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Gempa susulan kemungkinan masih akan terjadi," ucap Teguh. (Ant/Tnt/Gen)

Baca juga:

BPBD Jateng: Tak Ada Korban Tewas Akibat Gempa Kebumen
Serambi Masjid di Banyumas Roboh Diguncang Gempa Kebumen 6,5 SR
Daftar Kota yang Terkena Dampak Gempa Kebumen 6,5 SR

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini