Sukses

Timnas RI-Malaysia Bertanding, SBY Sambut PM Najib di Istana

Presiden SBY menerima kunjungan Perdana Menteri Malaysia Mohd Najib Tun Razak dan delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/12/2013).

Presiden SBY menerima kunjungan Perdana Menteri Malaysia Mohd Najib Tun Razak dan delegasi di Istana Merdeka. Pertemuan bertepatan dengan akan berlangsungnya pertandingan sepakbola antara Timnas Malaysia melawan Indonesia petang nangi di ajang SEA Games 2013.PM Najib dan rombongan tiba sekitar pukul 10.00 WIB dan langsung disambut Presiden SBY di tangga Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/12/2013). Kemudian keduanya langsung memasuki Istana guna melakukan serangkaian pembicaraan bilateral.PM Malaysia melakukan kunjungan kerja ke Jakarta adalah dalam rangka menghadiri pertemuan Konsultasi Tahunan ke-10 (Annual Consultation). Kedua kepala pemerintahan akan membahas berbagai isu prioritas yang menjadi perhatian kedua negara, di antaranya perlindungan WNI, isu perbatasan, kerja sama pertahanan, kerja sama hukum dan kekonsuleran, kerja sama ekonomi dan investasi, serta people-to-people contacts.Konsultasi tahunan merupakan forum pertemuan tertinggi dalam mekanisme kerja sama bilateral antara Indonesia dan Malaysia. Melalui mekanisme ini, kedua kepala pemerintahan dapat membahas perkembangan kerja sama bilateral di berbagai bidang dan hasil-hasil pertemuan Konsultasi Tahunan sebelumnya di Kuala Lumpur, Malaysia pada Desember 2012.Forum ini juga ditujukan untuk memberikan arahan strategis bagi para pejabat pemerintah kedua negara. Selain itu, intensitas pertemuan yang cukup tinggi di tataran pejabat tinggi kedua negara diharapkan akan makin mempererat hubungan bilateral yang selama ini telah berlangsung dengan baik.Hubungan bilateral Indonesia dan Malaysia terbilang kuat dan solid. Nilai perdagangan bilateral RI-Malaysia tahun 2008-2012 mengalami kecenderungan positif dengan kenaikan rata-rata 14,92%. Total perdagangan tahun 2012 mencapai US$ 23,5 miliar, atau naik sebesar US$ 2,12 juta dari 2011.Rencananya, siang ini akan ada jumpa pers oleh kedua kepala pemerintahan di Istana Merdeka yang dilanjutkan dengan jamuan makan siang di Istana Negara. (Mut/Ism)Baca juga:PM Najib Razak: Malaysia-Indonesia Disatukan oleh DarahJurus Agar KL Tak Macet `Sepanjang Masa` Menurut PM Malaysia[VIDEO] PM Malaysia Mohd Najib, dari MU Hingga Saudara Serumpun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini