Sukses

SBY Disadap, Eks Kepala BIN: Harus Melawan Tapi yang Cerdas

Menurut mantan Kepala BIN AM Hendropriyono Pemerintah Indonesia tak perlu emosional, harus bijak, serta punya semangat dan harga diri.

Presiden SBY akhirnya bereaksi terhadap bocornya penyadapan yang dilakukan Pemerintah Australia. Selain menarik Dubes Indonesia dari Negeri Kanguru, SBY juga mengirimkan surat kepada PM Tony Abbott meminta penjelasan.

Reaksi SBY itu disayangkan oleh mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono. Ia mengaku heran kenapa tataran teknis diangkat ke masalah politik.

"Jadinya ribut. Saya rasa ini, pertama, memang ada sasaran politik lain. Kedua, karena pemerintah ikuti aliran masyarakat kita yang lagi benci orang asing. Mereka tidak paham fungsi intelijen. Ini kita kaya selalu dipecundangi orang asing," ujar Hendropriyono saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Kamis (21/11/20103).

Menurutnya, pemerintah Indonesia tak perlu emosional. Harus bijak, serta punya semangat dan harga diri.

"Melawan tapi yang cerdas. Misal Tony Abbott nggak mau minta maaf dan bilang saya nggak nyuruh sadap, kan kita malu, walau masyarakat Australia minta Abbott minta maaf," tukas Hendropriyono. (Mut/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini