Sukses

Wadirlantas Polda: Macet Jakarta Bukan Karena Sterilisasi Busway

Wadirlantas) Polda Metro Jaya AKBP Sambodo menyatakan, penyebab kemacetan lebih kepada meningkatnya volume kendaraan.

Sterilisasi busway dinilai sebagai faktor utama meningkatnya kemacetan akhir-akhir ini di Jakarta. Namun menurut Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadirlantas) Polda Metro Jaya AKBP Sambodo, penyebab kemacetan lebih kepada meningkatnya volume kendaraan yang wara-wiri di Jakarta.

"Jadi kemacetan yang parah akhir-akhir ini bukan dari sterilisasi (busway), tapi jumlah kendaraan dan perjalanan di Jakarta semakin meningkat," ujar AKBP Sambodo di Jakarta, Sabtu (16/11/2013).

Menurut dia, saat ini permohonan untuk kendaraan baru, baik roda dua ataupun roda empat meningkat dari tahun ke tahun. Jumlah kendaraan yang terdaftar di Polda Metro Jaya mencapai sekitar 15 juta unit dan angka perjalanan setiap harinya di Ibu Kota mencapai 22 juta kendaraan.

Oleh karena itu, lanjut Sambodo, harus ada kebijakan pembatasan penggunaan kendaraan pribadi agar segera dapat direaliasikan. "Sudah saatnya pemerintah pusat harus segera menerapkan peraturan tersebut," tambahnya.

Terakhir, ia menuturkan pemerintah juga harus memikirkan pengguna kendaraan yang meninggalkan kendaraannya untuk beralih menggunakan transportasi publik seperti busway, MRT dan monorel. Hal ini harus dipikirkan oleh pemerintah, karena jika transportasi publik tidak memadai, maka kebijakan tersebut tidak akan bisa dijalankan dengan maksimal. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini