Sukses

Amnesti Berakhir, Buruh Migran Demo Kedubes Saudi

Migrant Care menutut pemerintah Arab Saudi memperlakukan TKI lebih manusiawi pasca-amnesti.

Puluhan orang buruh yang tergabung dalam Migrant Care berdemonstrasi di depan kantor Kedutaan Besar Arab Saudi di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur. Mereka menutut pemerintah Arab Saudi memperlakukan TKI lebih manusiawi pasca-amnesti.

Pantauan Liputan6.com, Jumat (8/11/2013), para pendemo yang tergabung dalam Migrant Care mulai berdatangan pukul 10.15 WIB. Massa yang didominasi perempuan itu membawa berbagai atribut, seperti spanduk dan poster menolak kekerasan terhadap TKI di Arab Saudi.

"Pemerintah Arab Saudi telah melakukan tindakan yang tidak manusiawi terhadap TKI. Kita akan terus mendesak pemerintah Arab agar memberikan keadilan kepada TKI," kata pendemo di depan Kedubes Arab Saudi, Jakarta, Jumat (8/11/2013).

Ia menambahkan akibat aksi ini lalu lintas dari arah Cawang menuju Pancoran sempat tersendat. Para pengendara memperlambat laju kendaraannya untuk melihat aksi itu. Alhasil, volume kendaraan yang sudah padat semakin menimbulkan kemacetan. 100 lebih aparat kepolisian bersiaga di lokasi.

Jumlah WNI Overstayers yang berada di penampungan Shumaisi, Jeddah, Arab Saudi mencapai  7.885 orang. 32 Petugas KJRI dan Tim Perbantuan Teknis dari Jakarta saat ini tengah membantu proses pendataan dan penyelesaian dokumen perjalanan. Tercatat, hingga Rabu 6 November, 1 warga negara Indonesia overstayers meninggal dunia di Jeddah. (Adi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.