Sukses

Survei: Roy Suryo, Menteri-Caleg Terbaik 2014

Lembaga Pol Tracking Institute merilis hasil survei 4 tahun kepemimpinan SBY-Boediono. Hasilnya, sebesar 51,5% responden tidak puas dengan kinerja SBY-Boediono. Salah satu alasannya, karena memiliki wajah ganda alias pejabat pemerintahan sekaligus pengurus partai.

Menteri-menteri yang berwajah ganda dan akan maju sebagai caleg Pemilu 2014 berjumlah 10 orang. Dari 10 orang tersebut, dari hasil survei, Menpora Roy Suryo menjadi menteri berwajah ganda dengan tingkat kepuasan tertinggi dari hasil survei.

"Dari menteri yang menjadi caleg Pemilu 2014, di peringkat pertama adalah Roy Suryo," kata Direktur Eksekutif Pol Tracking Institute Hanta Yudha di Hotel Morrissey, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta, Minggu (20/10/2013).

Ada 3 menteri yang dianggap relatif baik kinerjanya dibanding menteri-menteri lainnya. Ketiganya yakni Suryadharma Ali (30,86%), Hatta Radjasa (23,01%), dan Roy Suryo (21,63%).

Dan untuk menteri-caleg, Roy Suryo di peringkat teratas dengan 21,63% tadi. Sementara itu, ada 3 menteri-caleg yang berada di peringkat bawah. Mereka yakni Menteri ESDM Jero Wacik dari Demokrat (13,38%), Menkumham Amir Syamsuddin dari Demokrat (13,04%), dan Menteri PDT Helmy Faishal Zaini dari PKB (9,98%).

"Banyak publik pemilih di Indonesia tidak mengetahui kinerja kementrian terkait menteri di bawah partai politik," papar Hanta.

Hal tersebut terjadi fokus para menteri terpecah dalam urus negara dan urus partai. Karena, lanjut Hatta, mereka ingin memenangkan partainya, dan akan berujung pada kegalauan loyalitas. "Loyal pada partai tapi juga loyal pada Presiden SBY," tandas Hanta.

Survei dilakukan pada 13-23 September 2013 secara serempak di 33 provinsi di Indonesia dengan jumlah sampel 2.010 responden. Margin of error diperkirakan sekitar 2,19 persen. Penarikan sampel survei menggunakan metode multi stage random sampling, dan pengambilan data melalui wawancara tatap muka dengan kuisioner. (Ism)

Live Streaming EMTEK GOES TO CAMPUS 2018 di Surabaya

Tutup Video