Sukses

Ingin Bebas Penyelewengan, Jokowi Seleksi Perusahaan Tender

Jokowi inginkan perusahaan tender yang bebas hutang dan penunggakan pajak. Agar proyek pembangunan di Jakarta berjalan baik.

Pemprov DKI memiliki banyak proyek pembangunan, baik yang sedang maupun yang akan berjalan, dengan pihak swasta. Umumnya pihak swasta dipilih melalui proses tender atau lelang.

Dalam rangka mencapai pembangunan bersih dari tindak penyelewengan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan mensyaratkan bank clearance dan tax clearance kepada pihak swasta yang akan mengikuti proses tender.

"Bank clearance artinya yang ikut tender itu tidak boleh yang punya masalah dengan bank. Misalnya, pinjam enggak kembali. Kemudian, tax clearance itu yang masih punya utang pinjaman dengan negara, dengan kantor pajak," ujar Jokowi, sapaan akrabnya saat mendatangi Kantor Badan Pemeriksa Keuangan, Senin (7/10/2013).

Dengan track record atau rekam jejak swasta yang terjamin, diharapkan proyek pembangunan berjalan lancar tanpa terkendala persoalan keuangan perusahaan. Sehingga, pinjaman modal maupun pembayaran pajak perusahaan yang bekerja sama dengan Pemprov DKI tidak ada masalah.

"Punya utang ya nggak apa-apa, asal lancar. Swasta kan emang punya pinjaman semua. Artinya, yang ikut tender ini memang yang baik. Semua angka. Akan kita mulai itu," kata Jokowi. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.