Sukses

Sidang LHI, Jaksa Hadirkan Saksi Kunci Yudi Setiawan

Jaksa akan menghadirkan saksi seorang pengusaha yang dikenal kerap menggarap proyek di Kementan, Yudi Setiawan untuk Luthfi Hasan Ishaaq.

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta kembali menggelar sidang perkara dugaan suap pengurusan penambahan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian dan pencucian uang. Kali ini dengan terdakwa mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq.

Pada sidang yang masih mengagendakan mendengar keterangan saksi ini, rencananya Jaksa Penuntut Umum akan menghadirkan seorang pengusaha yang dikenal kerap menggarap proyek di Kementerian Pertanian, Yudi Setiawan.

"Iya Pak Yudi Setiawan rencananya akan bersaksi untuk Pak Luthfi Hasan Ishaaq," ujar kuasa hukum Yudi, Fidel Angwarmasse, lewat pesan singkatnya, Senin (7/10/2013).

Menurut Fidel, kliennya yang juga sudah dipidana pada perkara korupsi pengadaan alat peraga di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, ini akan bersaksi untuk pencucian uang yang didakwakan Jaksa kepada Luthfi.

Yudi pada pekan lalu sudah memberikan keterangannya di hadapan majelis hakim. Ia yang disebut saksi kunci ini bersaksi untuk terdakwa Ahmad Fathanah.

Pada perkara ini, Luthfi didakwa menerima suap dari PT Indoguna Utama sebesar Rp 1,3 miliar melalui orang dekatnya Ahmad Fathanah. Selain itu, baik Luthfi maupun Fathanah juga didakwa melanggar pasal pencucian uang. (Mut/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.