Sukses

[VIDEO] Pipa Pertamina di Banyuasin Bocor, Sungai Gerong Tercemar

Kejadian ini diduga akibat maraknya pencurian minyak yang dilakukan warga dengan cara membocori pipa milik Pertamina.

Pipa Pertamina di kawasan Mariana Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, bocor hingga mengeluarkan ratusan kubik minyak mentah. Akibatnya, Sungai Gerong yang merupakan anak Sungai Musi tercemar sepanjang 2 kilometer.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (17/9/2013), bocornya pipa diketahui sejak Minggu 15 September lalu saat ratusan kubik minyak mentah mencemari Sungai Gerong. Akibatnya, warga sekitar sejak Senin 16 September kemarin telah mengantre air bersih bantuan Pertamina.

Mereka untuk sementara ini tidak bisa menggunakan air sungai untuk keperluan mandi, mencuci, dan minum akibat tercemarnya sungai tersebut. Selain itu, warga yang tinggal di dekat lokasi kebocoran juga dilarang untuk menyalakan api.

Tak hanya mencemari sungai, bocoran pipa Pertamina juga mencemari sawah warga.

Kejadian ini diduga akibat maraknya pencurian minyak yang dilakukan warga dengan cara membocori pipa milik Pertamina. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini