Sukses

Mobil Serba Guna ala Avanza dan Xenia

Avanza dan Xenia, dua mobil serba guna dengan harga ekonomis bakal hadir untuk konsumen di Tanah Air. Toyota, Daihatsu, dan PT Astra Internasional optimistis dua produk ini bakal laku.

Liputan6.com, Jakarta: Bagi sebagian orang dari kalangan ekonomi menengah di Indonesia, memiliki mobil pribadi tampaknya hanya sebuah mimpi. Selain harganya selangit, biaya perawatannya pun mahal. Namun kini, mimpi tersebut bisa terwujud. Sebab, pada awal 2004 nanti, tepatnya pertengahan pada Januari, mobil serba guna atau (small MPV) yang bisa mengangkut tujuh orang dengan harga ekonomis bakal hadir di tengah-tengah masyarakat. Mobil tersebut adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. "Kami menghadirkan compact van yang benar-benar baru dengan fitur terbaik dan memiliki nilai ekonomis," tutur Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan. "Suatu kebanggaan bagi kami untuk memproduksi mobil berkualitas ini," sambung Wakil presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Noertjahjo Darmadji.

Kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu ini bukan yang pertama kali terjadi. Ini adalah proyek ketiga di luar Jepang, negara di mana dua produsen mobil besar itu bermarkas. Sebelumnya, Toyota dan Daihatsu sudah pernah mengadakan kerjasama serupa di Pakistan dan Venezuela.

Komitmen untuk mengakomodasi kebutuhan otomotif yang praktis, aman, nyaman, dan terjangkau bagi masyarakat di Tanah Air membuat Toyota, Daihatsu, dan PT Astra Internasional selaku perusahaan pemasaran, optimistis produk ini bakal mendapat respons yang sangat baik. Apalagi dengan harga yang terjangkau dan model yang dinamis.

Sekadar informasi, sasaran pasar Avanza dan Xenia berbeda. Avanza dijual dengan harga off the road sekitar Rp 88 juta. Sedangkan Xenia dengan harga Rp 60 juta-an. Avanza dan Xenia adalah hasil produksi massal yang dilakukan di jalur produksi Daihatsu. Produksi tersebut menghasilkan 3 varian utama, yaitu Xenia 1.0, Xenia 1.3 dan Avanza 1.3.

Xenia dan Avanza memiliki body, mesin, transmisi, suspensi, dan gardan (axle) yang sama. Mesin Xenia 1000 cc dengan 3 silinder DOHC EFI 12V. Mesin ini merupakan pengembangan mesin EJ dengan kode EJ-DE. Bukan pengembangan dari Daihatsu Charade atau Hijet seperti yang pernah ada di Indonesia.

Mesin Xenia 1300 cc dengan 4 silinder DOHC EFI 16V. Mesin ini adalah bagian dari generasi mesin Daihatsu K3 dengan kode K3-DE. Mesin ini juga dipakai di Avanza. Dasar mesin ini sama dengan Daihatsu-YRV.

Produk Toyota-Daihatsu ini sebenarnya adalah aplikasi dari skema U-IMV (Under International Multi Purpose Vehicle). Produk ini bisa dijual murah karena diproduksi dengan jumlah yang banyak. Sebab, selain dipasarkan di Indonesia, Xenia dan Avanza juga diekspor ke negara-negara Asia. (LIA/Tim Usaha Anda)


Toyota Avanza
Jalan Laksamana Yos Sudarso, Sunter II
Jakarta 14330
Telp. 021-651 5551
Fax. 021-651 5231


Daihatsu
PT Astra Daihatsu Motor
Jl. Gaya Motor III No.5, Sunter II
Jakarta 14330
Tlp: 6510-300/400
Fax: 6510-606

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.