Sukses

[VIDEO] Lebaran Ketupat, Warga di Jepara Gelar Sedekah Laut

Perayaan Lebaran Ketupat yang dilakukan setiap 7 hari usai Lebaran digelar di sejumlah daerah.

Perayaan Lebaran Ketupat yang dilakukan setiap 7 hari usai Lebaran digelar di sejumlah daerah. Di Jepara, ribuan warga menggelar sedekah laut di Pantai Kartini. Sedangkan di Boyolali, puluhan sapi ikut serta dalam Lebaran Sapi.

Kegiatan ini diwarnai dengan larung sesaji berupa kepala kerbau. Sesaji sedekah laut kemudian dibawa ke laut dengan kapal motor.

Kapal motor tersebut diikuti kapal motor lainnya. Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Jumat dini hari (16/8/2013), mereka saling berpacu untuk mendekati kapal pembawa sesaji, serta untuk mendapatkan sesaji. Usai melarung kepala kerbau, rangkaian acara diakhiri dengan berebut gunungan ketupat lepet di Pantai Kartini, Jepara.

Lain di Jepara, lain pula di Boyolali. Di lereng gunung merapi, sapi-sapi milik warga Sruni, Kecamatan Musuk, beramai-ramai diarak keliling kampung sambil diberi kalung ketupat.

Suasana pun menjadi ramai layaknya pasar hewan. Inilah yang dinamakan tradisi Lebaran Sapi. Sapi-sapi dipertemukan agar saling mengenal dan memaafkan layaknya manusia.

Lebaran Sapi ini rutin dilakukan di setiap Lebaran Ketupat atau 7 hari setelah Lebaran. Usai diarak, sapi tersebut dikembalikan ke dalam kandang. (Ali)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini