Sukses

Kampung Pulo Banjir Saat Lebaran, Jokowi: Walikota Sudah ke Sana

Warga Kampung Pulo, Jakarta Timur, harus berlebaran di tengah-tengah banjir yang disebabkan meluapnya Kali Ciliwung.

Warga Kampung Pulo, Jakarta Timur, harus berlebaran di tengah-tengah banjir yang disebabkan meluapnya Kali Ciliwung. Sekitar pukul 02.00 WIB dini hari tadi, banjir setinggi hampir setengah meter menerjang permukiman warga di Kampung Pulo itu.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi mengaku telah meminta Walikota Jakarta Timur Krisdianto untuk melakukan penanganan awal. Ia memberikan kesempatan kepada kepala daerah untuk melakukan tugasnya.

"Walikota sudah ke sana. Kalau sudah mengerucut, nanti saya turun ke bawah," kata Jokowi saat berada di Masjid Jami Baitul Khoir, Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (8/8/2013).

Menurut Jokowi, kawasan Kampung Pulo merupakan kawasan terendah di bantaran kali Ciliwung. Sehingga setiap kali terjadi hujan deras dan Bendungab Katulampa siaga 1, kiriman air bah pun tidak dapat dihindari. "Itu memang tanah yang paling rendah di Ciliwung," ujar Jokowi.

Sebenarnya, tambah Jokowi, pemerintah telah membuat konsep untuk mengatasi masalah banjir di kawasan itu. Namun kendalanya, keinginan warga di Kampung Pulo berbeda-beda. Sebagian warga menginginkan ganti rugi berupa dana, sedangkan kelompok lain ingin dibuatkan rusun oleh Pemrov DKI. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.