;
Sukses

[VIDEO] Jelang Lebaran, Makanan Kadaluwarsa Marak Beredar

Di sejumlah kota di Tanah Air, masih ditemukan makanan dan minuman yang kemasannya rusak dan kadaluarsa yang dijual bebas.

Berhati-hatilah Anda saat berbelanja jelang Lebaran ini. Di sejumlah kota di Tanah Air, masih ditemukan makanan dan minuman yang kemasannya rusak dan kadaluarsa yang dijual bebas. Produk-produk kedaluwarsa itu ditemukan saat petugas melakukan razia.

Liputan 6 SCTV, Senin (29/7/2013) memberitakan, petugas Disperindag Tasikmalaya semakin gencar merazia makanan dan minuman jelang Lebaran. Hasilnya, ditemukan banyak produk yang kemasannya telah rusak dan kadaluwarsa. Di toko lain, petugas mendapati daging ayam beku tanpa keterangan tanggal produksi dan telah menguning.

Sementara, razia makanan yang dilakukan petugas Balai POM di Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyita puluhan jenis makanan kemasan kadaluwarsa. Di antaranya bakso ikan, rumput laut, cincau, dan jelly. Balai POM memberikan teguran dan meminta pemilik toko untuk memusnahkan makanan kadaluarsa tersebut.

Di Bangkalan, Madura, tim sidak Satpol PP dan Dinas Kesehatan juga menemukan banyak makanan dan minuman yang kemasannya rusak dan kadaluwarsa di sejumlah toko dan pasar swalayan. Jika makanan dan minuman yang rusak dan kadaluwarsa masih tetap dijual, tim sidak akan memberikan sanksi tegas seperti penutupan usaha. (Eks/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.