Sukses

Rusli Zainal Menangkan Pemilihan Gubernur Riau

Rusli Zainal terpilih sebagai gubernur Provinsi Riau untuk periode 2003-2008. Pasangan Rusli Zainal dan Wan Abubakar memperoleh 34 dari 55 suara anggota Dewan.

Liputan6.com, Pekanbaru: Rusli Zainal dan Wan Abubakar secara mengejutkan terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur Provinsi Riau untuk periode 2003-2008. Dalam pemilihan yang berlangsung di DPRD Riau, Rabu (22/10), pasangan yang didukung Fraksi Persatuan Pembangunan dan Partai Amanat Nasional ini mengantongi 34 dari 54 suara anggota Dewan [baca: Anggota DPRD Riau Dikarantina].

Duet Rusli Zainal yang juga mantan Bupati Indragiri Hilir dan Wan Abubakar ini mengalahkan pesaingnya Tengku Lukman-Fachruddin Bakar dan Saleh Djasit-Chaidir, yang hanya mendapat 19 suara. Kekalahan Saleh Djasit ini diduga akibat pindahnya dukungan dari Partai Golkar yang mempunyai 12 suara.

Sementara Saleh Djasit yang juga berpasangan dengan Suryadi Khusaini--yang didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan--hanya memperoleh dua suara. Pemilihan gubernur Riau sempat diwarnai unjuk rasa mahasiswa yang meminta agar proses pemilihan tersebut tidak dinodai praktik politik uang.(PIN/Yusril Ardanis)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini