Sukses

Peringati Hari Lanjut Usia Nasional, Kemensos Gelar Operasi Katarak hingga Bangun Rumah di Aceh Utara

Serangkaian kegiatan bakti sosial dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ini digelar Kemensos sejak tanggal 1 hingga 29 Mei 2024. Kegiatan sosial tersebut dipusatkan di Kabupaten Aceh Utara, Aceh.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menggelar serangkaian kegiatan bakti sosial dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2024 yang jatuh pada 29 Mei. Kegiatan ini dipusatkan di Kabupaten Aceh Utara.

Serangkaian kegiatan bakti sosial telah dilaksanakan sejak awal Mei 2024, seperti pelayanan kesehatan dan penguatan lansia potensial.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, peringatan HLUN yang berlangsung di Aceh Utara merupakan salah satu bentuk kepedulian Kemensos terhadap warga lanjut usia.

HLUN akan berfokus pada beberapa sub tema, salah satunya adalah pelayanan kesehatan seperti operasi katarak, donor darah, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

"Pemenuhan hak sipil juga menjadi salah satu kegiatan yang dilaksanakan," ujar Risma, Minggu, (26/5/2024).

Kemensos sebelumnya telah bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk menyediakan layanan perekaman KTP elektronik dan kartu keluarga bagi lansia.

Layanan tersebut memungkinkan perekaman door to door bagi lansia yang tidak bisa datang ke lokasi perekaman.

"Kemensos menfasilitasi isbat nikah dan pembuatan akta nikah lansia," jelas Risma.

Kemensos turut berfokus pada peningkatan aksesibilitas lansia dengan menyalurkan alat bantu seperti kursi roda, tongkat adaptif, kacamata, dan alat bantu dengar. Bantuan yang diberikan dapat membantu memudahkan activity daily living.

"Bagi lansia potensial, Kemensos mendorong kreativitas dengan memberikan pelatihan, pameran hasil karya, dan pemberian bantuan modal usaha," ucap Risma.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemensos Goes to School untuk Tingkatkan Kepedulian kepada Lansia

Kemensos membangun kembali rumah lansia yang tidak layak huni melalui program Rumah Sejahtera Terpadu (RST). Selain itu, untuk meningkatkan kepedulian kepada lansia, Kemensos meluncurkan program Kemensos Goes to School menargetkan siswa sekolah.

"Kemensos menyelenggarakan pemilihan duta lanjut usia," terang Risma.

Risma menegaskan, rangkaian HLUN 2024 sudah dimulai sejak 1 Mei 2024 dan acara puncak akan diselenggarakan pada 29 Mei 2024. Pada acara puncak, 27 Kecamatan di Aceh Utara dan beberapa titik di seluruh Indonesia akan terhubung melalui teleconference.

"Sejak awal Mei kemarin, sebanyak 4.982 lansia di Kabupaten Aceh Utara sudah menjalani asesmen kebutuhan, beberapa di antara sudah mendapatkan intervensi seperti pemeriksaan kesehatan dan mendapatkan bantuan kewirausahaan," pungkas Risma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini