Sukses

Ini Kata Ahok soal Dirinya Bakal Turun Gunung di Pilkada 2024

Politikus PDIP Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok buka suara mengenai namanya yang masuk radar pemilihan gubernur Sumatera Utara di Pilkada 2024.

Liputan6.com, Jakarta Politikus PDIP Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok buka suara mengenai namanya yang masuk radar pemilihan gubernur Sumatera Utara di Pilkada 2024.

Dia berterima kasih dan menyerahkan keputusan itu ke DPP PDIP.

"Ya kita terima kasih lah ya teman-teman dari DPD Sumut minta ke sana. Tapi kan kita kan keputusan semua kan bukan di kita," kata Ahok di sela Rakernas ke-V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (25/5/2024).

Terkait Pilgub Sumut, Ahok sudah berkomunikasi dengan Politikus PDIP Landen Marbun dan Ketua DPD PDIP Sumatera Utara Rapidin Simbolon. Ahok masih menunggu rakenas PDIP selesai.

"Pak Landen Marbun yang teleponan, ada Pak Rapidin waktu itu. Ngobrol gitu. Saya sih bilang ya itu nunggu Rakernas ya," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua DPD PDIP Sumatera Utara, Rapidin Simbolon menyebut, Ahok sudah menyatakan siap maju Pilkada Sumatera Utara, apabila ditugaskan oleh DPP PDIP.

"Dengan Pak Ahok saya sudah dua kali berkomunikasi, Pak kalau Anda diterjunkan di Sumut siap enggak bang, siap enggak Pak Ahok?" ujarnya Rapidin saat Rakernas V PDIP di Ancol, Jakarta, Sabtu (25/5/2024).

"Kalau sudah partai yang instruksikan, jangankan Sumut ke Papua juga saya siap. Itu jawaban kader sejati. Ini semua kader PDIP kemana pun kalau diperintah partai kita harus siap," kata Rapidin, menceritakan jawaban Ahok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tengah Digodok

Rapidin menyebut nama Ahok sudah digodok DPD untuk maju Pilgub Sumatera Utara.

"Perkembangan dinamika politik yang ada di Sumatera Utara akan kita kaji dan akan tetap kita pelajari secara bersama dan kita sudah siap untuk memetakan itu dibantu dengan DPP partai," katanya.

Selain nama Ahok, Rapidin menyebut ada beberapa nama yang sudah mendaftar ke PDIP untuk maju sebagai calon gubernur Sumatera Utara. Di antaranya adalah petahana Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah alias Ijeck.

"Ini kan kita juga main incumbent Pak Edi Rahmayadi lain juga Ijeck, lain juga Bobby, mana tau nanti kader kita usung sendiri. Ini kan berbagai peluang akan kita hitung untuk perkembangan politik di Sumut," pungkas Rapidin.

3 dari 3 halaman

Buka Peluang

Sebelumnya, PDIP membuka peluang mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Syaiful Hidayat untuk dicalonkan pada Pilkada Sumatera Utara (Sumut).

Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga menyebutkan, dua nama tersebut banyak diminta maju di Sumut dan Jakarta.

"Seperti Pak Ahok, Mas Djarot masih ditarik-tarik untuk bisa ke Sumatera Utara. Ini hal yang menarik juga karena Sumatera Utara juga perlu perubahan yang mendasar," ujar Eriko Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, dikutip Jumat (17/5/2024).

 

 

 

 

Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini