Sukses

Alasan PDIP Ogah Undang Jokowi ke Acara Rakernas ke-V

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan alasan partainya tidak mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V PDIP pada 24-26 Mei 2024.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan alasan partainya tidak mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V PDIP pada 24-26 Mei 2024.

Hasto menegaskan yang diundang ke Rakernas PDIP adalah mereka yang menjaga demokrasi, hukum dan mau menegakkan hukum.

Sebab, kata Hasto, Rakernas PDIP ke-V ini digelar dalam momentum semangat reformasi untuk melawan sisi gelap kekuasaan. Di sisi lain, lanjut Hasto, publik telah merekam bahwa pemilu 2024 merupakan pemilu yang paling brutal.

"Dan itu terekam kuat dalam memori publik. Terekam kuat dari apa yang disuarakan oleh para tokoh-tokoh civil society, para guru besar, para ahli hukum dan para seniman bahkan budayawan yang menyimpulkan bahwa pemilu 2024 merupakan pemilu yang paling brutal dalam sejarah demokrasi Indonesia," kata Hasto di kantor PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2024).

"Diwarnai berbagai bentuk kecurangan yang diawali dengan suatu kontruksi rekayasa hukum di MK," tegasnya.

Terlebih, kata dia, adanya tiga hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan dissenting opinion atau berbeda pendapat mengenai sengketa pilpres 2024.

Hasto menyatakan hal itulah dasar PDIP hanya mengundang figur-figur yang memiliki semangat dalam menjaga hukum dan demokrasi.

"Dari spirit itu yang tentu diundang adalah mereka-mereka yang memiliki spirit di dalam menjaga demokrasi hukum. Menegakkan negara hukum, menegakkan demokrasi yang berkedaulatan rakyat," ujar Hasto.

Lebih lanjut, Hasto menegaskan, PDIP memiliki pijakan yang sangat kuat terhadap sejarah. Apalagi, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri juga punya pengalaman melawan rezim otoriter Orde Baru.

"Itulah yang akan diundang PDI Perjuangan di dalam Rapat Kerja Nasional yang ke-V," tegas Hasto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rakernas Bakal Dihadiri 2.160 Peserta

Sementara itu, Hasto menyebut, Rakernas V akan dihadiri 2.160 peserta dari jajaran fungsionaris partai dari seluruh Tanah Air.

"Rakernas V akan diikuti oleh 2.160 peserta yang berasal dari fungsionaris DPP Partai, ketua, sekretaris, bendahara DPD dan DPC Partai, anggota DPR RI, badan dan sayap partai, ketua, sekretaris, bendahara Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) dari 16 negara," kata Hasto.

Hasto menambahkan, pada pembukaan Rakernas V Partai pada 24 Mei mendatang, turut dihadiri oleh anggota DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota; kepala dan wakil kepala Daerah PDIP dan calon anggota DPR RI terpilih pemilu 2024 yang non-incumbent.

Sehingga, Hasto memperkirakan akan ada hampir lima ribu peserta dalam pembukaan Rakernas di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta.

"Sehingga pada saat pembukaan jumlah peserta mencapai 4.858 peserta," jelas Hasto.

 

3 dari 3 halaman

Obor Api Abadi Mrapen

Dalam acara itu, Hasto juga menjadi peserta yang ikut membawa obor api abadi Mrapen menuju lokasi Rakernas V PDI Perjuangan di Ancol. Obor api abadi Mrapen itu diambil PDIP dari wilayah Grobogan, Jawa Tengah, pada Jumat (17/5/2024).

Menurut Hasto, obor api abadi Mrapen bergerak melintasi 20 kabupaten dan kota sejak diambil dari Grobogan menuju lokasi Rakernas V PDI Perjuangan.

"Api perjuangan nan tak kunjung padam yang telah dimulai prosesinya pada Jumat 17 Mei 2024 dengan mengambil api abadi Mrapen, Grobogan, Jateng," ucap Hasto.

"Api perjuangan ini kemudian bergerak menempuh 20 kabupaten kota, menempuh jarak 526 kilometer dan menggelorakan semangat juang seluruh simpatisan dan kader PDI Perjuangan," kata Hasto.

Hasto melanjutkan, obor api abadi Mrapen akan tiba di Jakarta pada 23 Mei 2024 dengan dibawa oleh pelari dan kader PDIP. Hasto akan menerima obor api abadi Mrapen setibanya di Jakarta, lalu akan ikut berlari membawa ke lokasi Rakernas di Ancol.

"Besok pada jam 15.30 WIB oleh para pelari maraton dan mini marathon, termasuk saya, akan membawa obor kebenaran tersebut. Power perjuangan tersebut untuk dibawa ke tempat Rakernas PDI Perjuangan di Beach International Stadium Ancol. Bersama dengan seluruh komponen anak-anak muda dari PDI Perjuangan," katanya.

Diketahui, DPP PDI Perjuangan (PDIP) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V Partai pada 24-26 Mei 2024 mendatang di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta.

Adapun Rakernas V PDIP ini mengambil tema 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' dengan sub tema 'Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya'.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.