Sukses

Tinjau Pasar di Karawang, Jokowi Ungkap Harga Cabai hingga Bawang Merah Sudah Turun

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kondisi harga dan stok komoditas pangan di Pasar Baru di Karawang. Menurut dia, harga masih dalam status baik dan tak ada masalah dengan konsumen.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kondisi harga dan stok komoditas pangan di Pasar Baru di Karawang. Menurut dia, harga masih dalam status baik dan tak ada masalah dengan konsumen.

“Kita cek untuk harga utamanya cabai, beras, bawang putih, bawang merah semuanya kondisinya sudah turun (harga), saat ini sudah Rp 38 ribu sampe Rp 40 ribu,” kata presiden kepada awak media saat kunjungan kerja di Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/5/2024).

Selain itu, lanjut Jokowi adalah soal beras yang saat ini harganya ada di angkat Rp 12 ribu hingga Rp 13 ribu untuk jenis lokal. Dia meyakini, harga itu merupakan angka yang baik dapat diterima pembeli.

“Saya kira harganya baik, artinya dari angka inflasi juga akan turun kan di bulan kemarin,” turur Jokowi.

Senada dengan harga, stok beras jelang musim kemarau juga dipastikan Jokowi tidak ada masalah. Sebab menurut laporan diterima, stok beras di Bulog ada 1,6 juta ton yang biasanya hanya ada di angka 1,2 atau 900 ribu ton.

“Stok kita itu saat ini 1,6 (ton) dan ini baik,” yakin presiden.

Terkait kemarau yang disinggung, kepala negara juga sudah mengantisipasi dengan membangun dan membuat sumur pompa di titik yang kemungkinan akan kekurangan air.

“Terutam di titik-titik yang berkaitan dengan pertanian, dengan beras itu sudah dimulai oleh kementerian pertanian dan kementerian PU membuat sumur pompa,” Jokowi menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertolak ke Karawang

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Rabu, (8/5/2024).

Mengutip siaran pers Kantor Sekretariat Presiden, kunjungan kepala negara adalah dalam rangka meresmikan tambak ikan hasil budidaya.

"Presiden bertolak melalui Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor, Kepala Negara lepas landas dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU, sekitar pukul 07.20 WIB menuju Karawang,” tulis siaran pers, Rabu (8/5/2024).

Perjalanan presiden terbilang singkat di udara, sebab jaraknya yang tidak terlau jauh. Setibanya di Helipad Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Desa Pusakajaya Utara, Kabupaten Karawang, RI-1 langsung menuju lokasi peresmian dengan menggunakan mobil. 

“Di sana, Presiden Jokowi akan meresmikan Modeling Kawasan Tambak Budi Daya Ikan Nila Salin,” ungkapnya dalam siaran pers.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.