Sukses

5 Pernyataan Ganjar saat Pembubaran TPN, Sampaikan Terima Kasih hingga Deklarasi Oposisi Prabowo

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md menggelar halalbihalal yang dihadiri seluruh anggota tim TPN Ganjar-Mahfud pada Senin malam 6 Mei 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md menggelar halalbihalal yang dihadiri seluruh anggota tim TPN Ganjar-Mahfud pada Senin malam 6 Mei 2024.

Halalbihalal yang digelar juga sekaligus acara pembubaran resmi TPN Ganjar-Mahfud. Turut hadir Mantan Calon Presiden (Capres) nomor urut 03 Ganjar Pranowo yang menyampaikan sejumlah hal.

Dalam sambutannya, Ganjar Pranowo menyampaikan terima kasih pada seluruh anggota TPN Ganjar-Mahfud yang telah berjuang pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

"Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah, kami menyampaikam terima kasih. Tentu saya dan Pak Mahfud merasa bangga ada orang-orang hebat di belakang saya dan di depan saya," kata Ganjar di Markas Relawan, Senin 6 Mei 2024.

Dia lalu menyatakan, dirinya tak akan bergabung ke dalam pemerintahan Prabowo-Gibran yang telah ditetapkan sebagai presiden dan wapres terpilih. Menurut Ganjar, mencintai negara bisa dilkaukan meski berada di luar pemerintahan.

"Mencintai republik ini kita akan mengawal dengan cara lain dan saya tidak akan bergabung di pemerintahan ini," terang dia.

Meski begitu, Ganjar mengaku menghormati pemerintahan Prabowo-Gibran untuk periode 2024-2029. Ia mengaku akan mendukung melalui kontrol dari luar pemerintahan dengan cara yang benar tanpa mencela atau menjadi oposisi.

"Saya sangat menghormati pemerintahan ini dan kami akan melakukan kontrol dengan cara yang benar," kata Ganjar.

"Cara berpolitik yang benar tidak musti dengan cara keras, dan semua sama-sama terhormat tidak perlu saling mencibir," sambungnya.

Berikut sederet pernyataan Mantan Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo saat acara halalbihalal sekaligus pembubaran Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sampaikan Terima Kasih, Ucap Sama-Sama Perjuangkan Demokrasi dan Kebenaran

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md resmi dibubarkan. Pembubaran dilakukan berbarengan dengan acara halal bihalal seluruh anggota TPN Ganjar-Mahfud pada Senin malam 6 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Ganjar Pranowo menyampaikan terima kasih pada seluruh anggota TPN Ganjar-Mahfud yang telah berjuang pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah, kami menyampaikam terima kasih. Tentu saya dan Pak Mahfud merasa bangga ada orang-orang hebat di belakang saya dan di depan saya," kata Ganjar di Markas Relawan, Senin 6 Mei 2024.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini lantas menyatakan menutup secara resmi TPN Ganjar-Mahfud dan menyampaikan rasa syukur.

"Dengan mengucap syukur Alhamdulillah, kita tutup seluruh kegiatan TPN," kata Ganjar.

Menurut dia, TPN Ganjar-Mahfud selama ini sudah membuat bangga karena telah bersama-sama berjuang demi demokrasi di Indonesia.

"Tentu saja yang selama ini kita bersama-sama memperjuangkan demokrasi dan kebenaran," ucap Ganjar Pranowo.

 

3 dari 6 halaman

2. Tegaskan Tak Akan Gabung di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Lalu Ganjar menyatakan, dirinya tak akan bergabung ke dalam pemerintahan Prabowo-Gibran yang telah ditetapkan sebagai presiden dan wapres terpilih. Menurut Ganjar, mencintai negara bisa dilkaukan meski berada di luar pemerintahan.

"Mencintai republik ini kita akan mengawal dengan cara lain dan saya tidak akan bergabung di pemerintahan ini," terang dia.

Meski demikian, Ganjar mengaku menghormati pemerintahan Prabowo-Gibran untuk periode 2024-2029. Ia mengaku akan mendukung melalui kontrol dari luar pemerintahan dengan cara yang benar tanpa mencela.

"Saya sangat menghormati pemerintahan ini dan kami akan melakukan kontrol dengan cara yang benar," kata Ganjar.

"Cara berpolitik yang benar tidak musti dengan cara keras, dan semua sama-sama terhormat tidak perlu saling mencibir," sambungnya.

 

4 dari 6 halaman

3. Tegaskan di Dalam atau Luar Pemerintahan Sama-Sama Terhormat, Tak Perlu Saling Mencibir

Ganjar menegaskan, dirinya akan berada di luar pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dia menyebut, mencintai negara tetap bisa dilakukan meski berada di luar pemerintahan.

"Kita tidak akan pernah berhenti untuk mencintai republik ini, kita akan mengawal dengan benar, dan saya declare pertama, saya tidak akan bergabung di pemerintahan ini," kata Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar menegaskan bahwa berada di dalam atau luar pemerintahan sama-sama terhormat. Karena itu, ia akan mendukung pembangunan Indonesia dengan cara mengontrol pemerintahan dari luar tanpa mencibir. Sebab, kritik atau cibiran merupakan tugas dari DPR.

"Dan semua sama-sama terhormat, tidak perlu saling mencibir. Karena mencibir kita yang paling benar adalah di jalur yang pas, apa itu? Jalur parlemen," kata Ganjar Pranowo.

 

5 dari 6 halaman

4. Sebut Tak Akan Berhenti Berpolitik

Selain itu, Ganjar Pranowo mengaku tidak akan berhenti dalam aktivitas politik meski kalah dalam Pilpres 2024. Ganjar menegaskan, dirinya merupakan anggota partai politik sehingga tak akan berhenti berpolitik.

"Kalau saya anggota partai, maka tidak akan berhenti berkegiatan politik. Manusia bisa meninggal mati sekali, tapi kalau politisi, bisa mati berkali-kali," kata Ganjar.

Ganjar mengaku kegiatannya tetap banyak setelah rangkaian Pilpres 2024. Apalagi PDIP akan menggelar Rakernas pada 24-26 Mei 2024 mendatang.

"Kegiatan kami cukup banyak, terutama PDI Perjuangan sebentar lagi mau Rakernas menentukan sikap (di pemerintahan). Tentu kita sangat sibuk," ucap dia.

Menurut Ganjar, kegiatan berpolitik bisa di manapun tak melulu dalam pemerintahan.

"Jadi kita akan terus berjalan sesuai dengan komitmen kita. Kita mesti mencintai negara ini dengan cara yang benar. Dan kegiatannya akan banyak sekali, di manapun," papar dia.

 

6 dari 6 halaman

5. Deklarasi Oposisi Prabowo, Akan Kontrol dengan Cara yang Benar

Ganjar dengan tegas menyatakan bahwa ia tidak akan bergabung dalam pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang telah ditetapkan sebagai presiden dan wapres terpilih. Menurut Ganjar, mencintai negara dapat dilakukan meski berada di luar pemerintahan.

"Dalam mencintai republik ini, kita akan mengawalnya dengan cara yang berbeda dan saya tidak akan bergabung dalam pemerintahan ini," ucap dia.

Namun demikian, Ganjar menyatakan bahwa ia menghormati pemerintahan Prabowo-Gibran untuk periode 2024-2029. Ia berjanji akan memberikan dukungan melalui kontrol dari luar pemerintahan dengan cara yang benar dan tidak mencela.

"Saya sangat menghormati pemerintahan ini dan kami akan melakukan kontrol dengan cara yang tepat," tandas Ganjar.

Ganjar juga menekankan bahwa cara berpolitik yang benar tidak harus dilakukan dengan cara yang keras, dan semua pihak harus saling menghormati tanpa saling mencibir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.