Sukses

Nama Sri Mulyani hingga Risma Masuk Radar PDIP di Pilkada DKI Jakarta

Keputusan mengenai siapa yang akan menjadi calon dalam Pilgub DKI akan diumumkan setelah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DPP PDIP pada akhir Mei 2024.

Liputan6.com, Jakarta Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan DKI melirik Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk diusung maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta.

Menurut Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak, hingga saat ini terdapat empat nama yang masuk ke dalam pertimbangan pengurus partai.

"Di internal, masuk melihat nama-nama yang masuk sejauh ini ada Bu Risma, Bu Sri Mulyani, Pak Andika, dan Pak Adi Wijaya," kata Gilbert Simanjuntak di Jakarta, Senin 6 Mei 2024.

Keputusan mengenai siapa yang akan menjadi calon dalam Pilgub DKI akan diumumkan setelah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DPP PDIP pada akhir Mei 2024.

Selain itu, DPD PDI Perjuangan Provinsi DKI Jakarta juga membuka pendaftaran bagi bakal calon gubernur (bacagub) dan bakal calon wakil gubernur (bacawagub) untuk Pilkada DKI Jakarta 2024 mulai tanggal 8 Mei. Pendaftaran akan berlangsung hingga tanggal 20 Mei 2024.

Partai PDI Perjuangan memberikan kesempatan kepada seluruh individu terbaik untuk mendaftar sebagai bakal calon Kepala Daerah Provinsi DKI Jakarta. Pendaftaran dapat dilakukan secara langsung di Kantor DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta di Sedayu City Big Box Nomor 10A RT 01/09, Cakung Barat, Cakung, Jakarta Timur.

Bagi yang tidak dapat datang ke kantor tersebut, pendaftaran juga dapat dilakukan secara online melalui formulir yang dapat diakses melalui tautan https://bit.ly/FORM_PENDAFTARAN_BALON_PILKADA2024. Lampiran dokumen yang diperlukan dapat diunduh melalui tautan https://bit.ly/FORM_DOWNLOAD_PILKADA2024.

Harap mencantumkan judul dan membuat deskripsi singkat untuk dokumen yang diunggah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PDIP Mulai Jaring Nama di Pilkada DKI Jakarta

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan DKI Jakarta akan menjaring bakal calon gubernur (cagub) dan bakal calon wakil gubernur (cawagub) untuk Pilkada 2024. Pendaftaran dibuka mulai Rabu, 8 Mei 2024.

"Pendaftaran bakal calon kepala daerah akan dilakukan pada tanggal 8 Mei 2024 sampai dengan 20 Mei 2024," kata Ketua Pelaksana Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Provinsi Daerah Khusus Jakarta, Hendra Gunawan, dalam keterangan tertulis diterima Senin (6/5/2024).

Pendaftaran dapat dilakukan di Kantor DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta yang beralamat di Sedayu City Big Box Nomor 10 A RT 001 RW.009, Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Hendra menyebut proses penjaringan akan berlangsung secara berjenjang yang dilakukan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP bersama DPD PDIP DKI Jakarta. Hendra menyatakan PDIP memberikan kesempatan kepada putra putri terbaik Indonesia untuk memimpin Jakarta.

"PDI Perjuangan Provinsi DKI Jakarta akan mengusung calon kepala daerah yang diyakini mampu menghadapi tantangan dengan setia serta konsisten berjalan dan berjuang di atas landasan ideologi Pancasila," ucap Hendra.

 

3 dari 3 halaman

Soroti Kondisi Jakarta Usai Menajdi DKJ

Pasalnya, kata Hendra, dari perspektif lingkungan hidup, Kota Jakarta adalah kota yang paling mengkhawatirkan eksistensinya. Sebab, Jakarta telah diatur keberadaannya melalui Undang-Undang Nomor 2 tahun 2024 tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta.

"Salah satu cirinya adalah Jakarta menjadi kota bisnis dan global yang ditetapkan menjadi kawasan aglomerasi didalamnya meliputi kawasan Jabodetabekjur. Dalam kondisi ini, DKJ akan memasuki agenda pilkada serentak di Indonesia," kata Hendra.

Lanjut Hendra, untuk mencegah kekhawatiran itu diperlukan kepemimpinan yang kuat dari seorang kepala daerah yang dapat memimpin pemerintahan di atas pilar-pilar Pancasila sebagai dasar dan ideologi bangsa.

"PDI Perjuangan memberi kesempatan bagi seluruh putra-putri terbaik untuk mendaftarkan dirinya menjadi bakal calon Kepala daerah Provinsi Daerah Khusus Jakarta," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.