Sukses

Rayakan Hari Kartini, Gus Ipul dan Fatma Kompak Suarakan Pentingnya Peran Perempuan Dalam Pembangunan Daerah

Menurut Gus Ipul, adanya peran penting perempuan di segala lini seperti di bidang pemerintahan, politik, usaha, pendidikan, dan lain sebagainya merupakan hasil proses panjang perjuangan para pendiri bangsa dan para pahlawan.

Liputan6.com, Pasuruan Kota Madinah Puncak peringatan Hari Kartini yang di dilaksanakan di Gedung Kesenian Dharmoyudho Kota Pasuruan, Jumat (26/ 4) malam berlangsung meriah. Bukan cuma menghadirkan perlombaan dan dimeriahkan oleh Cak Percil, dalam acara puncak peringatan Hari Kartini itu juga dilaksanakan pengukuhan Forum Puspa periode 2023-2026 dan pembukaan akademi Paradigta 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh para kader kesehatan, PSM, PKK hingga perwakilan organisasi wanita di Kota Pasuruan hadir dengan busana Kebaya Nasional. Dalam kesempatan itu, Wali Kota Pasuruan Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) yang didampingi Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo, dan Sekretaris Daerah Kota Pasuruan mengatakan bahwa perempuan memiliki peran penting dalam pembangunan daerah. 

"Saat ini perempuan memiliki peran penting di segala lini, dan kaum perempuan ini menjadi andalan bagi bangsa Indonesia terutama dalam pembangunan Indonesia maupun daerah," ujarnya.

Menurutnya, adanya peran penting perempuan di segala lini seperti di bidang pemerintahan, politik, usaha, pendidikan, dan lain sebagainya merupakan hasil proses panjang perjuangan para pendiri bangsa dan para pahlawan.

"Kita harus berterima kasih dan terus memperjuangkan apa yang sudah diperjuangkan oleh para pendiri bangsa ini salah satunya oleh Raden Ajeng Kartini. Karena sampai hari ini, masih ada negara yang kaum perempuannya mau sekolah saja masih susah," ujarnya.

Gus Ipul juga mengucapkan terima kasih kepada para perempuan yang sudah menjadi bagian penting dalam pembangunan bangsa.

"Saya ucapkan terimakasih kepada perempuan-perempuan hebat yang ada didepan saya, dan yang sudah hadir disini. Mari kita bertepuk tangan dan berterima kasih atas perjuangannya," ujar Gus Ipul.

Tidak hanya itu, Gus Ipul juga mengatakan bahwa laki-laki yang sukses pasti ada perempuan hebat disampingnya.

"Tidak akan sukses laki-laki jika tidak ada perempuan hebat disampingnya," kata Gus Ipul yang disambut tepuk tangan meriah oleh para undangan dan penonton Cak Percil.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan, Fatma Saifullah Yusuf (Fatma) mengingatkan bahwa hari Kartini seyogyanya tidak hanya dirayakan secara seremonial belaka, namun harus dimaknai menjadi momentum untuk terus meningkatkan peran perempuan dalam kemajuan bangsa Indonesia namun tetap dengan tidak lupa akan kodratnya sebagai perempuan dan ibu dalam berumah tangga. 

"Mari kita terus berperan aktif dalam pembangunan Kota Pasuruan, dan terus berjuang meraih cita-cita kita sendiri. Dan mari kita menjadi perempuan yang mandiri, berprestasi dalam segala bidang demi mewujudkan masa depan yang lebih baik generasi yang akan datang," ujar Fatma

Fatma juga menyinggung bahwa pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan dalam membangun kesetaraan gender mempunyai komitmen yang tinggi terutama dalam upaya peningkatan kualitas hidup perempuan.

"Sudah banyak di Kota Pasuruan yang menjadi pengusaha, Lurah, Kepala Dinas, hingga menjadi anggota dewan. Ini menunjukkan Kota Pasuruan tidak membatasi kiprah para perempuan di segala lini," kata Fatma. 

Namun, Fatma juga menyadari bahwa tentu masih ada problematika peran perempuan dalam pengambilan keputusan. Untuk itu, Fatma pun mengajak para perempuan di tanah Air untuk terus bersama-sama berjuang, mewujudkan masa depan yang lebih baik. 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.