Sukses

Volume Kendaraan Normal saat Arus Balik Lebaran, Rekayasa Lalu Lintas One Way Lokal Tol Trans Jawa Disetop

VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) Ria Marlinda membenarkan one way lokal di KM 459 Ruas Jalan Tol Semarang-Solo sampai dengan KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung Ruas Jalan Tol Batang-Semarang sudah disetop.

Liputan6.com, Jakarta - VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) Ria Marlinda membenarkan one way lokal di KM 459 Ruas Jalan Tol Semarang-Solo sampai dengan KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung Ruas Jalan Tol Batang-Semarang sudah disetop.

Alasannya, menurut Ria, dikarenakan volume kendaraan sudah terpantau normal.

"Rekayasa lalu lintas one way lokal dari KM 459 yang sebelumnya diberlakukan sejak Sabtu, 13 April 2024 pukul 21.45 WIB, atas diskresi kepolisian, one way lokal KM 459 Ruas Jalan Tol Semarang-Solo-KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung Ruas Jalan Tol Batang-Semarang dihentikan," kata Ria melalui keterangan diterima, Minggu (14/4/2024).

Dia menjelaskan, one way di Tol Trans Jawa itu sudah disetop sejak pukul 07.30 WIB, Minggu (14/4/2024).

Hingga berita ini disampaikan pada pukul 11.00 WIB, volume lalu lintas kendaraan sepanjang Jalan Tol Semarang-Solo ramai lancar dan kembali difungsikan normal dua arah.

Meski sudah normal, Ria mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di rest area.

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," Ria menandasi.

Sebelumnya, sebagai informasi, saat ini Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberlakukan aturan ganjil genap pada arus balik lebaran 2024.

Langkah rekayasa lalu lintas ini dilakukan dalam rangka mengurai kepadatan volume kendaraan yang melintas agar tidak terjadi kemacetan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arus Balik, Perhatikan Aturan Ganjil-Genap

Secara rinci, skema pemberlakuan aturan ganjil genap dimulai pada 12 April 2024 pukul 14.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB dari KM 414 ruas Jalan Tol Semarang Batang sampai dengan KM 0 Jalan Tol Ruas Dalam Kota Jakarta.

Kemudian pada Sabtu, 13 April 2024 pukul 08.00 WIB, dari KM 414 ruas Jalan Tol Semarang-Batang sampai dengan KM 0 Jalan Tol Ruas Dalam Kota Jakarta.

Adapun Minggu, 14 April 2024 sampai dengan Selasa, 16 April 2024 dimulai pukul 08.00 WIB dari KM 414 ruas Jalan Tol Semarang-Batang sampai dengan KM 0 Jalan Tol Ruas Dalam Kota Jakarta.

Sebelumnya, Korlantas Polri kembali menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk arus balik lebaran 2024 hari ini, Minggu (14/4/2024). Sejumlah ruas tol pun akan diterapkan one way dan contraflow secara situasional.

Berdasarkan twitter Korlantas Polri NTMC yang dikutip Liputan6.com, petugas akan memperpanjang waktu penerapan one way di KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung sampai dengan KM 72 Tol Cipali hingga pukul 24.00 WIB. Sama halnya contraflow di KM 72 Tol Cipali sampai dengan KM 47 Tol Jakarta-Cikampek.

 

3 dari 4 halaman

Arus Balik Lebaran 2024, One Way di KM 414 Kalikangkung-KM 72 Tol Cipali Diperpanjang

Dituliskan, pelaksanaan rekayasa one way dan contraflow akan dilihat volume lalin selama 3 jam berturut-turut, apabila volume lalinnya mengalami penurunan maka akan dilakukan penutupan rekayasa contraflow maupun oneway lebih awal.

"Apabila volume lalinnya masih mengalami peningkatan maka rekayasa contraflow dan oneway akan tetap diteruskan sampai dengan batas waktu pukul 24.00 WIB pada hari Minggu tanggal 14 April 2024," tulis NTMC Korlantas Polri.

Hal itu mengacu pada tujuh lokasi arus lalu lintas yang masuk parameter rekayasa one way dan terpantau cenderung padat.

"Berdasarkan pantauan CCTV dan pantauan anggota di lapangan, sumber arus lalu lintas bangkitan dari arah selatan yaitu Cileunyi dan dari timur (Colomadu-Solo, dan Semarang) yang menuju ke arah barat (Jakarta) masih ada peningkatan," cuit NTMC Korlantas Polri.

Para pemudik pun diimbau untuk memperhatikan batas kecepatan maksimum selama memasuki jalur one way dan contraflow, serta tetap berada di jalur masing-masing. Pastikan juga kondisi fisik dalam keadaan sehat dan kendaraan yang prima.

"Sahabat Lantas, menjaga sikap toleransi perlu diterapkan ketika sedang berkendara, terutama saat melintasi jalur one way," tutup NTMC Korlantas Polri.

 

4 dari 4 halaman

Contraflow KM 72 dari Cipali ke KM 47 Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan, Arus Lalu Lintas Kembali Normal

Korps Lalu Lintas atau Korlantas Polri memutuskan menormalkan kembali arus lalu lintas dari KM 72 Tol Cipali ke KM 47 Tol Jakarta-Cikampek. Hal itu dilakukan usai adanya rekayasa contraflow dihentikan pada Minggu pagi (14/4/2024).

"Iya (contraflow KM 72-47 dihentikan)," ujar Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi saat dikonfirmasi, Minggu (14/4/2024).

Eddy kemudian menjelaskan alasan dihentikannya rekayasa contraflow yaitu karena arus lalu lintas menuju ke Jakarta pada Minggu pagi ini cenderung turun di bawah batas traffic counting kendaraan.

"Traffic counting menurun di bawah rata-rata parameter rekayasa," kata dia.

Meski contraflow telah dihentikan, menurut Eddy, namun untuk oneway dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung ke KM 72 Tol Cipali masih diberlakukan hingga saat ini. Sehingga, kata dia, kendaraan dari Jakarta ke Cipali akan diarahkan ke jalur arteri atau keluar tol.

"Sedangkan dari Jasa Marga juga telah mengumumkan untuk oneway lokasi KM 459 Ruas Jalan Tol Semarang-Solo sampai KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung Ruas Jalan Tol Batang-Semarang telah dihentikan pada pukul 07.30 WIB," tandas Eddy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.