Sukses

Arus Balik Lebaran, Akan Ada Safety Car Saat Diberlakukan Contraflow

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, pihaknya sudah menetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) baru untuk pelaksanaan contraflow, khususnya dalam menghadapi arus balik lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, pihaknya sudah menetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) baru untuk pelaksanaan contraflow, khususnya dalam menghadapi arus balik lebaran.

Adapun SOP ini dilakukan sebagai bentuk evaluasi pasca kecelakaan di Tol Cikampek KM 58.

“Jadi pemberlakuan contraflow pasca kejadian 58 (kecelakaan Gran Max), kita sudah evaluasi. Sudah ada SOP baru,” kata Aan Suhanan kepada wartawan di GT Kalikangkung, Sabtu (13/4/2024).

Salah satu yang menarik adalah, safety car yang akan melintas setiap 30 menit sekali untuk menjaga kecepatan kendaraan yang melintas di jalur contraflow maksimal 60km/jam.

“Pertama nanti ada safety car. Artinya setiap 30 menit itu akan dikawal, akan didahului oleh kendaraan yang mempertahankan atau mengendalikan kecepatan. Jadi tak lebih dari 60km/jam,” kata dia.

Tak hanya itu, juga akan ada penempatan con atau barier yang saat ini lebih rapat dari sebelumnya 30 meter kini menjadi menjadi 10 meter. Dengan jarak 2,5 km akan kembali dirapatkan setiap tanda pembatas tersebut.

Kemudian, polisi juga telah menyiapkan kendaraan untuk pertolongan bagi para pengendara. Sehingga setiap gangguan saat arus balik, seperti mogok atau kecelakaan akan cepat ditangani.

“Kemudian, tiap dobrakan atau button, itu akan ditempatkan anggota itu memberikan isyarat untuk memperlambat kecepatan,” ungkap Aan.

“Tentu hal-hal yang perlu diperhatikan, tadi kecepatan, kecepatan jangan melebihi 60km/jam. Kemudian saat konsentrasi sudah berkurang, silahkan istirahat, jangan masuk ke contraflow,” sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Minggu dan Senin

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi puncak arus balik lebaran akan terjadi pada Minggu dan Senin yaitu 14 sampai 15 April 2024.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan di NTMC Polri, Jakarta Selatan, Jumat 12 April 2024.

Dia pun mengamini pernyataan Menteri Berhubungan Budi Karya Sumadi untuk para pemudik kembali pada puncak arus mudik. Dia berharap bisa dilakukan hari ini, Sabtu (13/4/2024).

"Hari Minggu dan Senin (puncak arus balik). Makanya kemarin Pak Menhub juga mengimbau untuk balik lebih awal, mulai hari ini," kata Aan.

"Jangan tunggu puncak (arus balik lebaran)," sambung dia.

3 dari 3 halaman

Manfaatkan Diskon Tarif Tol

Terlebih, lanjut dia, ada diskon untuk tarif tol yang disediakan pemerintah guna mengantisipasi kepadatan volume kendaraan yang membludak di arus balik lebaran.

"Kami juga mengimbau menunda balik setelah tanggal 17, 18, 19 April 2024, tol juga memberi potongan harga di tanggal 17, 18, 19," jelas dia.

Aan berharap seluruh pemudik dapat memanfaatkan berbagai pilihan waktu perjalanan serta manfaat fasilitas yang diberikan pemerintah.

"Manfaatkan itu (diskon tarif tol), sehingga tidak semua di puncak arus. Silahkan para mungkin kementerian, lembaga, swasta, yang mungkin bisa bekerja melalui rumah, work from home, itu bisa dilaksanakan," Aan menandaskan.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.