Sukses

Siapkan Strategi Arus Balik, Jasa Marga Berikan Diskon Tarif Tol

Jasa Marga mengimbau masyarakat untuk bisa melakukan perjalanan kembali ke Jabotabek lebih cepat sebelum waktu yang diprediksi menjadi puncak arus balik.

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memprediksi jumlah kendaraan yang akan kembali ke Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek) pada H1 sampai dengan H+7 (10 April 2024 hingga 18 April 2024) akan mencapai 1,87 juta kendaraan.

Jumlah tersebut meningkat 1,4% bila dibanding Lebaran 2023 (1,84 juta kendaraan) dan naik 56,2% terhadap lalin normal (1,2 juta kendaraan).

Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur menyebut, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah antisipasi pelayanan arus lalu lintas. Menurut dia, Berdasarkan hasil evaluasi, lonjakan kendaraan mayoritas akan berasal dari Jalan Tol Trans Jawa dan Bandung. 

“Lokasi itu menjadi fokus perhatian pelayanan arus mudik, maka peningkatan pelayanan untuk mewujudkan perjalanan yang lancar, aman, nyaman dan selamat untuk pengguna jalan disiapkan,” kata Subakti seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (11/4/2024).

Subakti menambahkan, pihaknya juga menyiapkan antisipasi kepadatan pengguna jalan pada KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang merupakan pertemuan kendaraan dari Bandung dan Trans Jawa menuju Jakarta.

Pada prediksi puncak arus balik nanti, jumlah volume lalu lintas di titik ini akan meningkat hingga 247,3% jika dibandingkan arus normal dan meningkat 18,4% terhadap puncak balik Lebaran 2023.

“Jasa Marga bersama Pemerintah dan juga masyarakat harus berupaya maksimal dalam mendistribusikan lalu lintas (lalin) arus balik agar tidak terkonsentrasi pada satu waktu dimana pergerakan arus balik akan mulai meningkat pada H+2 sampai dengan  H+4 Hari Raya Idulfitri 1445 H atau pada Sabtu, 13 April 2024 sampai dengan Senin, 15 April 2024,” jelas dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kembali Sebelum Puncak Arus Balik

Subakti pun mengimbau masyarakat untuk bisa melakukan perjalanan kembali ke Jabotabek lebih cepat sebelum waktu yang diprediksi menjadi puncak arus balik.

Keuntungannya, ada tarif diskon tarif tol yang disiapkan.

“Bagi yang memiliki kelonggaran waktu, kami imbau untuk menggeser perjalanan sekaligus memanfaatkan potongan tarif tol 20% periode arus balik yang akan berlaku mulai Rabu 17 April 2024 pukul 05.00 WIB sampai dengan Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB,” ajak Subakti.

3 dari 3 halaman

Pastikan Beri Pelayanan Terbaik

Subakti menjelaskan, diskon tarif di Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang menuju Jakarta hanya untuk asal GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama.

Adapun untuk besaran potongan tarif tol 20% untuk kendaraan golongan I yang semula membayar Rp421.500 menjadi Rp337.200.

"Jasa Marga akan memastikan pengguna jalan yang menempuh perjalanan arus balik akan terlayani dengan baik terutama di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang merupakan gerbang tol utama untuk masuk wilayah Jabotabek dari Jalan Tol Trans Jawa,” dia menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.