Sukses

PDIP Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, Ingatkan untuk Selalu Mewujudkan Kebenaran

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri kepada seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri kepada seluruh Indonesia.

"Keluarga Besar PDI Perjuangan mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada seluruh rakyat Indonesia," kata dia dalam keterangannya, Rabu (10/4/2024).

Dia menekankan soal makna berpuasa selama satu bulan Ramadhan, yakni sebuah upaya menggembleng jiwa dan raga dengan harapan memperkuat kebeningan nurani.

"PDI Perjuangan (PDIP) yang digerakkan oleh nilai-nilai Ketuhanan percaya, bahwa puasa satu bulan penuh telah memperkuat lahir batin, menggembleng jiwa dan raga, sehingga diperoleh kekuatan batin untuk semakin mewujudkan kebenaran sejati, keadilan, dan seluruh perbuatan baik bagi rakyat, bangsa, dan negara," ungkap Hasto.

Menurut dia, puasa juga memperkuat kebeningan nurani yang sangat diperlukan bagi setiap pemimpin untuk mengambil keputusan untuk kepentingan bangsa dan negara, jauh dari kepentingan pribadi.

"Dengan menjalankan ibadah Puasa, dan kemudian pada hari ini merayakan kemenangan, maka hal tersebut menjadi modal spiritualitas yang sangat penting bagi setiap upaya mewujudkan kebenaran dan keadilan bagi sebesar-besarnya kepentingan rakyat," tutur Hasto.

"Idul Fitri 1445 H menjadi ungkapan syukur seluruh anak bangsa. Mohon maaf lahir dan batin," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemungkinan Jokowi Silaturahmi Lebaran ke Rumah Megawati

Ada momen berbeda dari perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini antara Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hingga saat ini, belum ada kabar terkait pertemuan Jokowi dan Megawati.

Bahkan ketika ditanyakan terkait kemungkinan pertemuan keduanya saat momen lebaran tahun ini, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto secara satire mengatakan, belum ada jadwal kunjungan Jokowi ke rumah Megawati.

“Ya ini kan bisa dilihat di sana, itu kan ‘tidak ada open house’,” kata Hasto saat ditanya awak dia di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024).

Hasto pun enggan menanggapi lebih lanjut soal pertemuan itu. Dia mengatakan bahwa acara silaturahmi di kediaman Megawati hanya untuk sahabat-sahabat dan orang dekatnya.

“Jadi dihadiri oleh sahabat-sahabat ibu yang datang, yang juga menunjukkan suatu komitmen bagi Indonesia bukan bagi keluarga hehehe terimakasih ya,” kata dia.

3 dari 3 halaman

Megawati Pilih Lebaran Bersama Keluarga

Sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) sekaligus Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarno Putri nampaknya tidak akan menghadiri acara open house Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta.

Hal ini disampaikan Ketua Umum DPP PDIP Ahmad Basarah, karena setiap momentum lebaran Megawati selalu mengisi waktu bersama keluarga besarnya dan pengurus DPP PDIP di kediamannya, di jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat.

“Yang saya tahu, tradisi ibu Mega di dalam setiap Idul Fitri biasanya beliau menyelenggarakan halal bi halal atau berlebaran hari pertama itu, terutama dengan keluarga besar beliau. Dengan putra putri cucu kakak adik dan keluarga besar Bung Karno dan Haji Muhammad Taufiq Keimas,” kata Basarah saat ditemui usai salat id, Rabu (10/4/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.