Sukses

Ketua Bawaslu: Idul Fitri Momentum Rajut Persatuan, Walaupun PHPU Berlangsung di MK

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja berharap momentum Idul Fitri 1445 H ini dapat menyadarkan semua pihak bahwa perbedaan pilihan dalam Pemilu 2024 adalah hal yang wajar.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja mengatakan, Hari Raya Idul Fitri 1445 H menjadi momentum untuk merajut kembali persatuan warga negara usai Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Kami berharap momentum Idul Fitri ini dapat merajut dan menjalin kembali kesatuan dan persatuan di lingkungan warga negara dan dilingkungan masyarakat Republik Indonesia ini," kata Bagja usai Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024).

Kendati, kata Bagja, sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024 belum tuntas di Mahkamah Konstitusi (MK). Putusan baru bakal dibacakan hakim MK pada 22 April 2024 mendatang.

"Walaupun sekarang sedang berlangsung PHPU di MK baik Pilpres dan sebentar lagi setelah tanggal 22 akan ada Pileg, berapa ratus permohonan itu," ucap dia.

Oleh sebab itu, Bagja berharap Idul Fitri 1445 H ini menyadarkan semua pihak bahwa perbedaan pilihan dalam Pemilu 2024 wajar. Namun, kata dia, persatuan mesti dijalin kembali.

"Harapannya, semua menyadari bahwa walaupun kita beda pilihan, berbeda dalam memilih pemimpin, akan tetapi semua akan terajut kembali di satuan kesatuan dan persatuan," kata dia.

Bagja membocorkan, Bawaslu bakal menyampaikan kesimpulan dalam hasil sengketa Pilpres 2024 pada 15-16 April 2024 mendatang ke MK. Sehingga, kata dia persiapan tengah dilakukan pihaknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kapolri Harap Idul Fitri Perkuat Semangat Bangun Bangsa

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengucapkan turut selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah bagi seluruh umat muslim. Dengan makna menyambut Idul fitri untuk kembali ke fitrah manusia menuju kesucian.

"Dalam perbedaan terciptanya indahnya toleransi yang semakin mempererat kesatuan. Saling mengisi guna menatap masa depan," kata Sigit dalam keteranganya, Rabu (10/4/2024).

Sigit menuturkan, Idul Fitri selalu mengisahkan sejuta cerita. Setelah sebulan lamanya berbagi kebaikan, menahan segala nafsu, saatnya menyusuri jalan menuju kampung halaman.

Dengan pengawalan Polri untuk mengantarkan masyarakat menikmati harumnya santapan lebaran dan hangatnya kebersamaan.

"Polri akan selalu hadir mengawal dan melayani bangsa ini," ujarnya.

Mantan Kabareskrim Polri ini pun berharap semangat lebaran menjadi kekuatan kebersamaan dalam membangun bangsa dan negara.

"Saya Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, atas nama keluarga besar Polri dan Bhayangkari mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah,” kata dia.

“Jadikan semangat lebaran sebagai kekuatan kebersamaan dalam membangun bangsa," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini