Sukses

Istana Persilakan Warga Datang Open House Hari Pertama Lebaran, Akan Diterima Jokowi

Presiden Jokowi akan mulai membuka sesi open house di Istana pada pukul 09.00 WIB, selesai menunaikan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta. Tanpa undangan, masyarakat umum hingga pejabat bisa datang ke Istana dengan berpakaian rapi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menggelar open house di Istana Kepresidenan, Jakarta pada hari pertama Lebaran Idul Fitri 2024. Jokowi akan menerima pejabat negara dan masyarakat umum yang datang untuk halal bi halal.

"Jadi istana membuka pintu, beliau Presiden membuka pintu baik pejabat, para tokoh, masyarakat untuk silakan datang diterima oleh beliau dalam rangka halal bi halal," ucap Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana kepada wartawan, Senin 8 April 2024.

Menurut dia, pihak Istana tak menyiapkan undangan khusus bagi masyarakat yang ingin hadir pada acara open house. Jokowi sendiri akan mulai membuka sesi open house di Istana pada pukul 09.00 WIB, selesai menunaikan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta.

"Rencana kita akan mulai open house untuk pejabat dan masyarakat di hari Rabu, Insya Allah 1 Syawal pukul 9.00. Namanya open house tentu tidak pake undangan, jadi pejabat dan masyarakat bisa datang langsung," tuturnya.

Yusuf mengingatkan pejabat dan masyarakat yang ingin hadir untuk tertib dan mengikuti aturan yang berlaku di kawasan Istana. Istana juga meminta masyarakat yang hadir pada acara open house untuk memakai pakaian rapi dan tak mengenakam celana jeans.

"Tentu saja harus tertib dan mengikuti aturan yang berlaku di Istana, tetapi kita sangat luwes tidak kaku mengingat ini adalah hari Idul Fitri. Hari kebersamaan, hari sukacita dan saling maaf memaafkan," ucap Yusuf.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahlil Akan Dampingi Jokowi Lebaran di Jakarta

Sebelumnya, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan dirinya akan mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi salat Idul Fitri 2024 di Masjid Istiqlal Jakarta. Setelah itu, Bahli menuturkan Jokowi akan menggelar open house di Istana Kepresidenan Jakarta.

"(Saya) Lebaran di Jakarta. Saya kan bukan dari Makassar, saya kan dari Papua. Saya ikut open house dulu, saya juga akan melakukan open house, saya ikut bersama-sama mendampingi Presiden salat Id di Isiqlal. Setelah itu, kami akan open house di sini (Istana)," kata Bahlil usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (8/4/2024).

Menurut dia, Hari Raya Idul Fitri 2024 merupakan momen Lebaran terakhir Jokowi sebagai presiden. Terlebih, Jokowi terakhir kali menggelar open house Lebaran pada tahun 2019.

"Karena Bapak Presiden selama 4 tahun di periode keduanya tidak pernah open house dan ini adalah Hari Raya terakhir di masa kepemimpinan bekiau di periode kedua," ujarnya.

"Jadi rasanya sebagai pembantu, harus bersama-sama dengan Bapak dalam mengisi dan merayakan Idul Fitri ini," sambung Bahlil.

Bahlil menyebut akan banyak tokoh yang akan hadir saat open house di Istana. Sebab Jokowi merupakan sosok yang menghindari konflik dan suka merangkul semua pihak.

"Jadi menyerahkan kepada tokoh-tokoh atau seluruh masyarakat baik yang setuju dan tidak setuju dengan Bapak Presiden, ayo kita sama-sama datang ke hari raya. Ini adalah Hari Idul Fitri yang penuh maaf memaafkan untuk kita kembali kepada fitrahnya," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.