Sukses

Temui Presiden Xi Jinping Sore Ini, Prabowo Bahas Peningkatan Hubungan Indonesia-China

Kunjungan Menhan Prabowo ke China untuk mempererat hubungan kerja sama Indonesia dan China utamanya di bidang pertahanan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tiba di Beijing, China dalam lawatannya menemui Presiden China XI Jinping, Minggu 31 April 204.

Setibanya di bandara, Menhan Prabowo langsung disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri Mr. Sun Weidong, Duta Besar China di Jakarta Mr. Lu Kang dan Athan RI di Beijing Brigjen TNI (Mar) Benny Poltak.

Menhan Prabowo juga menerima satu buket bunga dari gadis kecil China sebagai simbol ucapan selamat datang.

“Thank you very much,” sapa Menhan Prabowo kepada anak tersebut.

“What is your name? How old are you?” sambung Menhan Prabowo.

Selanjutnya, Menhan Prabowo menuju hotel The Peninsula Beijing dan disambut ramah oleh Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun, Kabaranahan Kemhan, Kabainstrahan Kemhan, Dirjen Strahan Kemhan, dan Dirjen Renhan Kemhan.

Direncanakan sore ini, Senin (1/4) waktu setempat, Menhan Prabowo akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China.

Adapun pada Selasa, 2 April 2024, Prabowo akan bertemu Perdana Menteri China dan Menteri Pertahanan China Admiral Dong Jun.

Berdasarkan siaran pers resmi dari Kementerian Pertahanan, Prabowo memang sudah sampai China sejak Minggu (31/3). Kedatangannya disambut oleh beberapa pejabat seperti Wakil Menteri Luar Negeri Sun Weidong, Duta Besar China di Jakarta Lu Kang dan Athan RI di Beijing Brigjen TNI (Mar) Benny Poltak.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta menjelaskan kunjungan Menhan ke China untuk mempererat hubungan kerja sama Indonesia dan China utamanya di bidang pertahanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ucapan Selamat Untuk Prabowo

 

"Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kedua negara dalam memperkuat dialog dan kerja sama strategis yang sangat penting bagi keamanan dan stabilitas regional,” kata Edwin Adrian Sumantha. Dalam pertemuan tersebut Prabowo akan membahas soal kerjasama antara Indonesia dan China di bidang pertahanan dan keamanan negara.

Sebelumnya, Xin Jinping sempat memberikan selamat kepada Prabowo lantaran telah terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI berdasarkan hasil hitungan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ucapan itu disampaikan melalui surat resmi yang diantar langsung oleh Duta Besar China untuk Indonesia, Lu Kang, saat menemui Prabowo Subianto di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Kamis (21/3).

"Saya ingin mengucapkan selamat dan harapan terbaik saya atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Republik Indonesia,” kata Xi kepada Prabowo dalam surat tertanggal 20 Maret 2024 itu, dalam siaran pers yang diterima ANTARA, Jumat.

 

3 dari 3 halaman

Peningkatan Hubungan Diplomatik Indonesia-China

Dalam surat tersebut, Xi mengatakan China dan Indonesia memiliki sejarah baik dalam upaya mempercepat perkembangan hubungan bilateral.

"Hubungan China dan Indonesia sangat penting. Saya siap bekerja sama dengan Anda untuk mengarahkan pembangunan komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama menuju kemajuan yang lebih besar,” ujar Xi.

Xi berharap hubungan tersebut tetap terjaga ketika Prabowo Subianto resmi menjabat Presiden Indonesia.

Dalam suratnya, Xi juga berharap Prabowo bisa membawa kemakmuran untuk masyarakat Indonesia.

"Semoga negaramu menikmati kemakmuran dan rakyatnya berbahagia,” kata Xi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.