Sukses

5 Pernyataan Sandiaga Uno Usai PPP Tak Lolos Melenggang ke DPR RI Hanya Raih 3,87% Suara

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sandiaga Uno optimistis partainya bisa lolos ke parlemen lewat mekanisme gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan hasil rekapitulasi nasional Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak lolos ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dengan hanya meraup 3,87 persen suara atau di bawah ambang batas parlemen 4 persen.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sandiaga Uno pun angkat bicara. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno itu pun santai soal dirinya menjadi bahan tertawaan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan para menteri kabinet soal PPP yang gagal masuk DPR RI.

Menurut dia, Presiden Jokowi justru menyampaikan pesan agar memperbanyak doa.

"Jadi Pak Presiden juga ketawa terus bilang, 'Banyakin doa, Pak Sandi. Upayanya sudah, doanya tambahin'," kata Sandiaga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 22 Maret 2024.

Momen Sandiaga menjadi bahan tertawaan ini terjadi usai Presiden Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin, dan sejumlah menteri melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan (SPT Pph) di Istana Negara Jakarta, Jumat 22 Maret 2024. Candaan itu dilontarkan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Meski begitu, Sandiaga menegaskan dirinya akan tetap menjadi kader PPP usai partai tersebut gagal masuk DPR RI. Sandiaga belum terpikir keluar dari PPP.

"Insyaallah istikamah, saya tetep di PPP. Per hari ini saya megang keanggotaan," kata Sandiaga.

Sandiaga Uno pun optimistis partainya bisa lolos ke parlemen lewat mekanisme gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Berikut sederet respons Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sandiaga Uno usai PPP tak lolos DPR RI karena hanya meraup 3,87 persen suara atau di bawah ambang batas parlemen 4 persen dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jawab Santai Ketika PPP Tak Lolos DPR Jadi Candaan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menanggapi santai soal dirinya menjadi bahan tertawaan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan para menteri kabinet soal PPP yang gagal masuk DPR RI.

Menurut dia, Presiden Jokowi justru menyampaikan pesan agar memperbanyak doa.

"Jadi Pak Presiden juga ketawa terus bilang, 'Banyakin doa, Pak Sandi. Upayanya sudah, doanya tambahin'," kata Sandiaga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 22 Maret 2024.

Momen Sandiaga menjadi bahan tertawaan ini terjadi usai Presiden Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin, dan sejumlah menteri melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan (SPT Pph) di Istana Negara Jakarta, Jumat. Candaan itu dilontarkan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Bahlil melemparkan candaan soal PPP tak lolos parlemen dan mengaitkannya dengan pelaporan pajak. Sandiaga mengaku tak tersinggung soal candaan yang disampaikan Bahlil.

"Pak Bahlil ini kan selalu ada guyonnya. Guyonannya Pak Bahlil tadi, 'pembayaran pajaknya paling tinggi, tapi 4 persennya kurang'," tuturnya.

 

3 dari 6 halaman

2. Enggan Komentar Banyak

Sandiaga enggan berkomentar banyak soal gagalnya PPP lolos ambang batas parlemen 4 persen. Dia mengimbau agar kader PPP tetap tenang dan optimis.

"Saya lagi diminta untuk tidak berkomentar, akan ditangani oleh ketua umum (PPP). Saya hanya ingin menyampaikan pesan agar tetap tenang dan optimis karena akan diupayakan di tahap selanjutnya," ucapnya.

Menurut dia, Plt Ketua Umum PPP Mardiono akan menyampaikan pernyataan resmi soal hasil Pemilu 2024.

"Nanti pernyataan resminya dari Ketua Umum. Agar tidak ada beberapa pernyataan yang mungkin saling tidak sinkron. Jadi semua disampaikan oleh pak ketua umum," terang Sandiaga.

 

4 dari 6 halaman

3. Tegaskan Tetap Istikamah di PPP

Sandiaga yang juga merupakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menegaskan dirinya akan tetap menjadi kader PPP usai partai tersebut gagal masuk DPR RI. Sandiaga belum terpikir keluar dari PPP.

"Insyaallah istikamah, saya tetep di PPP. Per hari ini saya megang keanggotaan," kata Sandiaga.

Sandiaga mengaku dirinya diminta untuk berkomentar banyak soal gagalnya PPP lolos ambang batas parlemen 4 persen. Menurut dia, Plt Ketua Umum PPP Mardiono akan menyampaikan pernyataan resmi soal hasil Pemilu 2024.

"Saya lagi diminta untuk tidak berkomentar, akan ditangani oleh ketua umum. Nanti pernyataan resminya dari ketua umum," jelasnya.

"Agar tidak ada beberapa pernyataan yang mungkin saling tidak sinkron. Jadi semua disampaikan oleh pak ketua umum," sambung Sandiaga.

Kendati begitu, dia mengimbau kader PPP untuk tetap tenang dan optimis menghadapi hasil Pemilu 2024. Sandiaga meminta kader PPP menunggu arahan dari Plt Ketua Umum.

"Saya hanya ingin menyampaikan pesan agar tetap tenang dan optimis karena akan diupayakan di tahap selanjutnya," ujar Sandiaga.

 

5 dari 6 halaman

4. Optimistis PPP Masuk Parlemen Lewat Jalur Gugatan MK

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sandiaga Uno juga optimistis partainya bisa lolos ke parlemen lewat mekanisme gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Sekarang sudah masuk ke tahap MK dan kami menyakini suara kami yang sudah melebihi empat persen bisa dikembalikan MK," kata Sandiaga.

Adapun mengenai kesiapan PPP dalam menghadapi gugatan di MK, Sandiaga menegaskan hal itu sepenuhnya akan dijawab pimpinan Dewan Pimpinan Pusat PPP.

Namun di sisi lain, Sandiaga tetap mengapresiasi kinerja PPP Provinsi Sumatera Barat yang berhasil menambah kuota keterwakilan kader di DPRD tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

"Khusus di Sumatera Barat tingkat provinsi, kabupaten dan kota justru meningkat, tetapi sayangnya kita kehilangan kursi di DPR RI," ujar Sandiaga dilansir dari Antara.

 

6 dari 6 halaman

5. Akui Akan Evaluasi Kinerja

Selain upaya pengajuan gugatan ke MK, saat ini pimpinan DPP PPP juga sedang mengevaluasi kinerja Bappilu.

Ia mengaku mendapat pesan dari Pelaksana tugas Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono agar selalu memotivasi para kader setelah partai itu dinyatakan gagal mencapai ambang batas parlemen 4 persen.

"Ketua umum menyampaikan kepada saya untuk memberikan semangat optimis dan tenang kepada kader," pungkas Sandiaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.