Sukses

Jokowi Bertolak ke Tanah Air Usai Hadiri KTT ASEAN-Australia di Melbourne

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan menuju Tanah Air adalah Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak kembali menuju Tanah Air usai mengikuti KTT Khusus ASEAN-Australia. Melalui Bandara Melbourne Jet Base, Australia, Jokowi dan rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 16.15 waktu setempat Rabu (6/3/2024).

Tampak melepas keberangkatan Jokowi di Bandara Melbourne Jet Base adalah Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams, Duta Besar Republik Indonesia di Canberra Siswo Pramono, dan Atase Pertahanan RI di Canberra Laksma TNI Yusliandi Ginting.

"Kepala Negara dan rombongan diperkirakan akan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, pada Rabu malam," tulis keterangan resmi Sekretariat Presiden.

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan menuju Tanah Air adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Selama di Melbourne, salah satu kegiatan yang dihadiri Presiden Jokowi adalah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-Australia. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menekankan pentingnya kerja sama antara ASEAN dan Australia dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan kemitraan.

"Sebagai mitra wicara tertua, mitra komprehensif strategis dan mitra penghubung dengan Kawasan Pasifik, ASEAN dan Australia sama-sama berbagi kawasan di mana stabilitas, perdamaian dan kemakmurannya menjadi tujuan dan tanggung jawab kita bersama," ujar Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potret Jokowi Berinteraksi dengan Koala di Sela Makan Siang KTT ASEAN-Australia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melihat koala di sela-sela jamuan makan siang Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN-Australia. KTT ini digelar di Government House Victoria, pada Rabu, (6/3/2024).

Jokowi disambut Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese dan Gubernur Victoria Margaret Gardner AC. Kemudian, mereka beranjak untuk menyantap hidangan makan siang.

Di sela-sela itu, Jokowi terlihat menghampiri koala yang berada di sebuah pohon. Dia tampak berinteraksi dengan koala yang merupakan salah satu hewan berkantung khas Australia.

Usai menghadiri jamuan makan siang, Jokowi melakukan sesi foto bersama dengan Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, Gubernur Victoria Margaret Gardner AC, dan para pemimpin negara lainnya.

Jokowi berdiri di antara PM Australia Anthony Albanese dan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah. Selain itu, para menteri luar negeri yang mendampingi kepala negara juga turut melakukan sesi foto bersama.

 

 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini