Sukses

AHY Temui Jaksa Agung, Sinergi dan Kolaborasi Berantas Mafia Tanah

AHY mengatakan, ulah mafia tanah menyebabkan kerugian negara menjadi banyak. Selain itu, rakyat juga menderita akibat mafia tanah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemui Jaksa Agung ST Burhanuddin. AHY berkoordinasi untuk membereskan kasus-kasus pertanahan akibat ulah mafia tanah.

"Kami ingin memperkuat sinergi dan kolaborasi. Sebagai follow up kemarin saya membuka sebuah rapat praoperasi dalam rangka menghadapi sekaligus juga menyelesaikan berbagai sengketa perkara dan kasus pertanahan di Indonesia, terutama yang diakibatkan oleh praktik-praktik mafia tanah," kata AHY usai pertemuan di Kantor Kejagung, Jakarta Selatan, Selasa (5/2/2024).

Menurut Ketua Umum Partai Demokrat ini, mafia tanah menyebabkan kerugian negara menjadi banyak. Selain itu, rakyat juga menderita akibat mafia tanah ini.

"Jadi kita tegas ingin memberantas mafia tanah karena banyak sekali kerugian negara, banyak sekali rakyat yang menderita," ucapnya.

Dalam pertemuan itu, AHY juga membahas beberapa hal-hal prioritas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti menuntaskan isu-isu pertanahan berkaitan langsung terhadap progres pembangunan infrastruktur, khususnya proyek-proyek strategis nasional.

"Dan kita berharap pada akhirnya jika permasalahan tanah ini bisa diselesaikan dengan baik, maka investasi akan bergerak dan tentunya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor," tandas AHY.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bertemu Wapres Ma'ruf Amin, AHY Diminta Berantas Mafia Tanah

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemui Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin di rumah dinas wapres, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (24/2/2024).

AHY mengaku pertemuan itu dalam rangka silaturahmi setelah ia dilantik menjadi menteri ATR/BPN.

"Rasanya tepat hari ini saya bisa sowan, silaturahmi secara langsung," kata AHY usai acara.

AHY mengaku Ma'ruf menyampaikan beberapa pesan kepadanya terkait pekerjaan rumah di Kementerian ATR/BPN, salah satunya mafia tanah yang merugikan rakyat kecil.

"Beliau mengingatkan bahwa masih banyak permasalahan yang dihadapi masyarakat kita di berbagai daerah," kata AHY.

"Beliau bahkan tadi ada warga yang melaporkan, mengadu kepada Bapak Wapres tentang tanahnya yang diserobot oleh orang lain, diserobot oleh pengembang dan akhirnya nasibnya tidak menentu. Kasihan, padahal ini rakyat kecil," jelas AHY.

3 dari 3 halaman

AHY Pastikan Bela Masyarakat Kecil

AHY memastikan dalam kasus mafia tanah, pihaknya akan berpihak pada rakyat dan membela kepentingan masyarakat kecil.

"Kalau ada rakyat berhadapan dengan mafia tanah sudah pasti Kementerian ATR akan berpihak pada rakyat, akan membela rakyat kecil. Jangan sampai hak mereka diinjak, apalagi masyarakat rentan. Banyak juga misalnya yang sudah pensiun ya, itu yang dipermainkan. Rakyat kecil dipermainkan dan kita tidak akan membiarkan itu terjadi," ujar AHY.

Ketua Umum Partai Demokrat itu meminta restu pada Wapres Ma'ruf Amin dan juga semua pihak agar dapat menyelesaikan tugas di sisa waktu 8 bulan pemerintahan.

"Saya mohon doanya dari segenap masyarakat karena tugas-tugas materi juga tidak ringan, tetapi kami punya niat yang baik 8 bulan terakhir ini bagaimana bisa menuntaskan pekerjaan rumah mencapai target-target yang telah dicanangkan," pungkasnya.

 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.