Sukses

Pemudik Diprediksi Meningkat pada Lebaran 2024, Capai 136,7 Juta

Jumlah warga yang melaksanakan perjalanan mudik pada momen hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah diprediksi meningkat dibandingkan pada 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah warga yang melaksanakan perjalanan mudik pada momen hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah diprediksi meningkat dibandingkan pada 2023. Data itu disampaikan oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas), Irjen Pol Aan Suhanan sebagaimana dipaparkan PT Jasa Marga (Persero).

Dia menerangkan, secara persentase ada kenaikan sekitar 5 persen hingga 6 persen masyarakat yang akan keluar dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi untuk Lebaran 2024.

"Ada kenaikan 5 persen sampai 6 persen kalau kita lihat secara nasional, animo ini pasti tidak lebih, tidak kurang karena sebagian besar akan melakukan perjalanan melalui jalan empat gerbang tol utama itu ada sekitar 2 juta lebih," kata dia di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024).

Aan kemudian menyinggung 123 juta orang melaksanakan mudik dan dan berwisata selama libur Idul Fitri 1444 H atau pada 2023.

"Kalau ditambah 5 persen, 6 persen itu ada di angka 136,7 juta tepatnya. Ini perlu dikelola dengan baik," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kakorlantas Minta Antisipasi Kenaikan Pemudik

Aan meminta jajaran terkait untuk melakukan langkah-langkah antisipasi demi kelancaran arus lalu lintas.

Dia menyebut, pada tahun lalu ada beberapa cara yang dilakukan kepolisian mulai dari pembatasan kendaraan angkutan barang yang sumbu tiga ke atas, kebijakan contraflow, one way, serta ganjil-genap.

"Itu beberapa upaya yang kita lakukan sehingga syukur Alhamdulillah pengelolaan arus mudik dan balik 2023 ini juga bisa berjalan dengan baik," ujar dia.

"Tentu kita juga berharap bisa sukses seperti tahun lalu. Untuk itu kita melakukan beberapa persiapan, kita melakukan survei kesiapan jalur survei kesiapan operasional, kesiapan personel dan seluruh sarana prasarana. Tentu di Polda masing-masing juga melaksanakan survei sehingga kita bisa memitigasi memetakan hambatan-hambatan apa yang mungkin timbul selama Operasi Ketupat 2024 nanti," dia menandaskan.

3 dari 3 halaman

Persiapan Jelang Mudik Lebaran, Perbaikan Jalan Tol dan Arteri Jakarta-Merak Disebut 98 Persen Rampung

Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigjen Pol Raden Slamet Santoso mengatakan, perbaikan ruas jalan tol dan arteri mulai dari Jakarta menuju Pelabuhan Merak Banten untuk persiapan mudik lebaran sudah 98 persen rampung.

Hal ini disampaikannya saat meninjau dalam kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024. Di mana pemantauan dilakukan dari Rest Area KM43, KM68, Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Merak.

"Rata-rata untuk pembangunan jalan baik jalan tol, maupun non tol itu sudah 98 persen, sudah cukup mantap," kata Slamet kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (4/3/2024).

Dia pun berharap, semua ini berjalan dengan baik dan lancar hingga hari H.

"Mudah-mudahan ini semua dapat berjalan dengan baik dan Alhamdulillah laporan dari setiap instansi dari pelabuhan dari jalan, kemudian dari stakeholder yang lain itu sudah cukup baik," ungkap Slamet.

Menurut dia, apabila nantinya masih adanya pekerjaan jelang H-10 Hari Raya Idul Fitri, maka akan diberhentikan.

"Kemudian ada berbagai pekerjaan-pekerjaan sedikit yang nantinya pada saat hari menjelang H -10 itu akan dihentikan sementara menggunakan tindaklanjuti setelah Idul Fitri," jelas Slamet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini