Sukses

Jokowi ke Melbourne, Hadiri KTT ASEAN-Australia Bawa Isu Palestina dan Investasi IKN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan, tema yang diangkat dalam KTT ASEAN-Australia kali ini adalah Partnership for The Future.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak ke Australia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN-Australia yang dihelat di Melbourne, Senin (4/3/2024).

Mengantar keberangkatan Presiden Jokowi antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Hari ini saya dengan delegasi terbatas akan berangkat ke Melbourne untuk menghadiri KTT khusus ASEAN- Australia. KTT ini diselenggarakan untuk menghadiri 50 tahun kemitraan ASEAN dan Australia," kata Jokowi saat jumpa pers di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/3/2024).

Jokowi menjelaskan, tema yang diangkat dalam KTT kali ini adalah Partnership for The Future. Dia mengaku, nantinya pembahasan akan menyolak terkait kemitraan strategis komprehensif antara ASEAN dan Australia dapat lebih dioptimalkan ke depan guna mewujudkan kawasan Indo Pasifik yang damai stabil dan makmur.

"Saya akan menggunakan kesempatan ini untuk mendorong kerja sama penguatan integrasi ekonomi, transisi energi, dan transformasi digital, serta pemajuan paradigma kolaborasi dan penghormatan hukum internasional secara konsisten, termasuk dalam isu Palestina," tegas Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Akan Gelar Pertemuan Bilateral dengan PM Australia, Bahas IKN

Selain menghadiri KTT ASEAN-Australia, Jokowi juga berencana untuk melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala negara, seperti Perdana Menteri Australia, Perdana Menteri Selandia Baru dan Perdana Menteri Kamboja.

Terkait hal-hal yang akan diperbincangkan, Jokowi memastikan soal investasi asing terhadap IKN adalah materi yang selalu dibawanya saat kunjungan kedinasan luar negeri.

"Setiap bertemu dengan perdana menteri dengan Presiden siapapun selalu itu saya sampaikan," jelas Jokowi.

Usai kunjungan ini, Jokowi dijadwalkan langsung kembali ke Tanah Air pada lusa, tepatnya 6 Maret 2024.

"Saya dan rombongan insyaallah akan tiba kembali di Jakarta 6 Maret," tandas Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.