Sukses

Jusuf Kalla Kembali Terpilih Jadi Ketua Umum DMI 2024-2029

Jusuf Kalla dalam sambutannya meminta agar masjid ke depan benar-benar menjadi mimbar yang mencerahkan masyarakat, menyampaikan pandangan-pandangan islam yang wasatiyyat.

Liputan6.com, Jakarta - Muktamar ke-VIII Dewan Masjid Indonesia (DMI) menetapkan kembali Jusuf Kalla sebagai Ketua Umum DMI 2024-2029. JK terpilih secara aklamasi.

Sebanyak 34 DPW menyampaikan pandangan umum dan penilaian pada muktamar yang dihadiri oleh ribuan utusan dari DPW dan DPD se-Indoneaia. Semua sepakat bahwa dimasa periode yang lalu, banyak prestasi yang dicapai.

Jusuf Kalla dalam sambutannya meminta agar masjid ke depan benar-benar menjadi mimbar yang mencerahkan masyarakat, menyampaikan pandangan-pandangan islam yang wasatiyyat.

“Serta menjadi pusat peradaban keilmuan yang disenangi oleh seluruh umat Islam,” kata JK dalam keterangannya, Sabtu (2/3/2024).

Sementara itu, Wakil Ketua Umum DMI Syafruddin Kambo, mengapresiasi pelaksanaan muktamar yang berjalan dengan baik, tertib, khidmat dan lancar.

Ketua Panitia Muktamar DMI Irjen Pol Guntur Laupe juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh muktamirin atas kesetiaan dan kehadirannya dari awal hingga akhir acara.

Muktamar rencananya akan ditutup oleh Wakil Presiden RI KH. Makruf Amin pada hari Ahad 3 Maret 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

JK Harap Dewan Masjid Bisa Ciptakan Islam Moderat di Indonesia

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla mengharapkan Dewan Masjid bisa menciptakan Islam moderat di Indonesia.

Hal itu disampaikan Jusuf Kalla saat memberikan sambutan di Muktamar Dewan Masjid Indonesia ke-8 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2024). Dia menjelaskan, Dewan Masjid Indonesia didirikan berasaskan Pancasila dan berakidah islam.

"Dasarnya sama akidahnya Islam tidak bisa lepas dari itu. Karena kita inginkan Islam Indonesia adalah Islam menengah, moderat dan kerjasama. Itu menjadi dapat tercermin di masjid ini," kata Jusuf Kalla.

Lebih lanjut, Jusuf Kalla juga menerangkan, Dewan masjid merupakan organisasi kemasyarakatan Islam yang berkhidmat untuk memberdayakan masjid bagi kemaslahatan dan kesejahteraan umat dan bangsa. Karena itu, di samping bicara soal ibadah, juga membahas muamalah.

"Kita selalu berifikir bahwa tujuan kita semua untuk kemajuan bangsa," ujar dia.

Dalam pembukaan Muktamar, JK ditemani Imam Besar Istiqlal KH. Nassaruddin Umar dan Ketua Baznas RI Noor Achmad serta didampingi Waketum DMI Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo, Sekretaris Jenderal DMl Imam Adaqurutni dan Ketua Panitia Muktamar ke-8 DMI Irjen Pol (Purn) Mas Guntur Laupe.

Pembukaan Muktamar VIII DMI ditandai dengan pemukulan bedug. Di muktamar ke-8 Dewan Masjid Indonesia akan memilih ketua umum yang baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • DMI