Sukses

Timnas AMIN soal Rencana Pertemuan Megawati-JK: Benefitnya Lebih dari Sekadar Mengurusi Elektoral

Kabar pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Wapres ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla semakin menguat.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Wapres ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla semakin menguat. Berbagai pihak pun telah mengamini pertemuan keduanya akan berlangsung dalam waktu dekat.

Termasuk, Co-Captain Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Sudirman Said yang menyebut telah banyak pihak yang mengupayakan agar pertemuan Megawati dengan JK terealisasi.

"Terkait pertemuan kedua tokoh (Mega-JK) saya juga membaca di media. Tapi memang kita tahu memang ada usaha-usaha untuk membuat keduanya bertemu,” ujar Sudirman kepada awak media, Jumat (23/2).

Bahkan, Sudirman memandang pertemuan antara keduanya akan menghasilkan pembahasan yang substansial untuk bangsa. Bukan sekedar membahas hasil elektoral Pemilu 2024.

“Saya melihatnya benefitnya, lebih dari sekedar mengurusi elektoral tahun ini. Tapi dua orang senior itu pasti mereview perjalanan dua tokoh bangsa ini, sejarah, dinamika politik dari waktu ke waktu untuk mengambil pelajaran,” kata dia.

“Pasti akan muncul kebijaksanaan -kebijaksanaan atau wisdom dari para tokoh itu untuk mencari solusi bagi bangsa ini,” tambah dia.

Sudirman pun berharap pertemuan keduanya bisa segera berlangsung untuk memberikan sebuah solusi sebagai salah satu negarawan.

“Jadi kita berdoa mudah-mudahan, kedua pemimpin senior itu diberikan kesehatan. Diberikan, kekuatan terus untuk menjaga bangsa ini, karena makin hari, kita merasa makin kekurangan negarawan,” tuturnya.

Sebab, lanjut Sudirman, pertemuan negarawan yang akan membahas isu-isu krusial bangsa akan selalu terjadi. Ketika bangsa Indonesia menghadapi permasalahan politik yang rumit untuk memberikan sebuah solusi jalan keluar.

“Kita ingat tokoh moral itu selalu, secara alamiah saling bertemu ketika keadaan memang begitu rumit. Dan sekarang tanda-tanda kesana mulai muncul, jadi mudah-mudahan itu bisa terjadi,” tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PDIP Yakin Megawati Bertemu JK

Sebelumnya, Politikus PDIP Adian Napitupulu mengklaim pertemuan akan terealisasi dalam waktu dekat meski dia enggan membocorkan tanggal pastinya.

"Pasti terjadi lah (pertemuan Mega-JK)," kata Adian di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (23/2).

Jika pertemuan itu terjadi, sebagai kader dia akan mengikuti dan menyimak apa poin dari pertemuan.

"Kita denger aja kita ikuti," katanya.

3 dari 3 halaman

Disambut Positif

Terpisah, Juru Bicara Tim Pemengan Nasional (TPN) Chico Hakim mengakui ada kabar Megawati akan bertemu JK. Menurutnya, pertemuan antar tokoh itu perlu disambut secara positif.

"Memang beredar kabar seperti itu. Bila memang Bu Mega akan bertemu dengan Pak Jusuf kalla, saya rasa ini suatu hal yang harus kita sambut dengan positif. Baik kami dari PDI Perjuangan dan juga dari TPN Ganjar Mahfud dan juga rakyat secara umum," ucapnya.

Sumber: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla