Sukses

Komitmen Wali Kota Hevearita Gunaryanti Wujudkan Semarang Zero TBC Tahun 2028

Pemerintah Kota Semarang memberikan perhatian lebih dalam penanganan penyakit tuberkulosis (TBC). Langkah nyata yang dilakukan Wali Kota dengan meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk konsisten melakukan penanganan TBC.

Liputan6.com, Semarang Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu memberikan perhatian lebih dalam penanganan penyakit tuberkulosis (TBC). Mengingat pengentasan TBC adalah salah satu program nasional yang harus diwujudkan. Dirinya bahkan menargetkan kasus penderita TBC di Kota Semarang bisa berkurang atau bahkan hilang di tahun 2028.

Langkah nyata yang dilakukan Wali Kota dengan meminta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk konsisten melakukan penanganan TBC. Hal itu disampaikan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat menghadiri kegiatan peluncuran USAID BEBAS-TB dan Penyusunan Rencana Kerja Terpadu Penanggulangan TBC di Kota Semarang, Senin (19/2/2024).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota yang kerap disapa Mbak Ita menyampaikan bahwa Indonesia menduduki peringkat kedua setelah India, dengan beban kasus TBC sebesar 1.060.000 kasus. Sedangkan untuk Kota Semarang sendiri adalah salah satu daerah dengan beban kasus tinggi, sebesar 6.527 kasus di tahun 2023. 

Untuk merealisasikan Semarang Zero TBC, mbak Ita meminta Kepala Dinkes Kota Semarang, untuk segera memetakan wilayah-wilayah yang terindikasi memiliki jumlah kasus TBC yang tinggi. 

“Masalah TBC bukan hanya masalah kesehatan, melainkan berkaitan erat dengan masalah ekonomi dan kesejahteraan sosial, mengingat pasien TBC harus menjalani pengobatan selama minimal 6 bulan secara rutin yang berdampak pada produktivitas pasien dan keluarga,” ungkap Wali Kota Semarang. 

Dorong Peran Aktif Semua Pihak, Termasuk Masyarakat

Hevearita Gunaryanti Rahayu mendorong semua pihak termasuk seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), akademisi, dan masyarakat bisa ikut terlibat dalam penanganan TBC. Apalagi TBC dapat menyerang anak stunting yang membuat pengobatannya menjadi terkendala. 

“Membutuhkan sinergitas intervensi yang melibatkan multi-sektor serta peningkatan pemberdayaan masyarakat. Dan sebagai bentuk komitmen Pemkot Semarang untuk menuju Eliminasi TBC tahun 2028, adalah dengan adanya Peraturan Wali kota Nomor 39 tahun 2017 tentang Rencana Aksi Daerah (RAD) Penanggulangan TBC,” imbuh Mbak Ita.

Kepala Dinkes Kota Semarang, Abdul Hakam memastikan bakal intens melakukan pencegahan dan penanganan TBC. Saat ini, pihaknya tengah melakukan pemeriksaan di setiap wilayah untuk mengetahui jumlah penderita TBC. 

Termasuk balita stunting yang mengalami TBC. Saat ini Kota Semarang sudah memiliki 13 fasilitas kesehatan tes cepat molekuler (TCM), yakni delapan puskesmas dan lima rumah sakit.

“Kita lakukan screening jika hasil positif langsung kita obati dan kemudian dilakukan pencegahan satu sampai dua bulan. Lalu tahun 2022-2023 kita sudah melakukan screening 45.000 yang ketemu 6.500. Dan harapannya screening ini jangan dikurangi. Karena harapannya, jika dilakukan banyak kasus, bisa cepat ditemukan dan diobati,” paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

USAID Siap Dukung Semarang Zero TBC

Sementara itu, Provincial Manager USAID Bebas TB Jawa Tengah, drg Endang Nuraini mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Pemkot Semarang yang telah berkomitmen bersama-sama menuntaskan angka TBC. Pihaknya memastikan bakal intens melakukan koordinasi untuk mewujudkan Kota Semarang Zero TBC di tahun 2028. 

“USAID Bebas TBC akan fokus melakukan pendampingan kegiatan di Kota Semarang seperti meningkatkan penemuan kasus TBC, kualitas screening, dan diagnosis layanan TBC. Lalu optimalisasi pencegahan TBC dan memperkuat sistem kesehatan untuk mempercepat eliminasi TBC. Kami juga terus memperkuat kemitraan TBC dengan pemangku kepentingan dan komunitas, serta riset implementasi untuk meningkatkan penanggulangan TBC,” imbuhnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini