Sukses

Survei LSI Denny JA: Tingkat Kepuasan Publik kepada Jokowi Capai 80,8 Persen

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbaru soal tingkat kepuasan publik atas kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mencapai 80,8 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbaru soal tingkat kepuasan publik atas kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mencapai 80,8 persen.

Persentase kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi terus mengalami kenaikan, yaitu 78,6 persen pada awal November 2023, 79,1 persen pada akhir November 2023, 82,2% pada awal Desember 2023, 78,2 persen pada akhir Desember 2023, 81,9 persen pada awal Januari 2024, dan 80,8 persen di akhir Januari 2024.

Peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Al Faraby menjelaskan, tingginya angka kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi juga menjadi salah satu alasan mengapa elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka meningkat.

"Alasan ketiga mengapa elektabilitas Prabowo-Gibran naik dan menuju ambang satu putaran, karena memang mereka yang puas terhadap kinerja Jokowi ini semakin terasosiasi dengan Prabowo-Gibran," kata Adjie dalam rilis daring, Selasa (30/1/2024).

Selanjutnya, responden yang puas atas kinerja Jokowi memiliki tendensi untuk berpindah suara ke paslon Prabowo-Gibran.

"Yang tadi puas terhadap kinerja Pak Jokowi semakin banyak yang pindah ke pasangan Prabowo-Gibran," katanya.

"Jadi, sebelumnya memang (suara) terpecah ke pasangan Ganjar Mahfud, tapi semakin mendekati pemilu, semakin banyak pemilih yang pindah untuk memilih pasangan Prabowo-Gibran," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Elektabilitas Capres-Cawapres

Hasil survei yang sama turut mengungkap tingkat elektabilitas ketiga pasangan calon presiden-calon wakil presiden. Hasilnya, paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka kokoh di posisi pertama dengan 50,7 persen.

Sementara itu, paslon nomor urut 1, Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan perolehan suara sebanyak 22 persen, dan menyusul di belakangannya terdapat paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo - Mahfud MD di persentase 19,7 persen.

Survei LSI Denny JA yang mengusung tema "Di Ambang Pilpres Satu Putaran Saja" ini dilakukan pada periode 16-26 Januari 2024. Jumlah responden sebanyak 1.200 orang dengan metode sampling yaitu multi-stage random sampling dan margin of error sebesar +/- 2,9 persen.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.