Sukses

Jokowi: Sarana Prasarana Pendidikan di Akmil Akan Semakin Canggih dan Modern

Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo Subianto meresmikan Graha Utama Akmil Magelang, Jawa Tengah. Jokowi berharap Akmil Magelang dapat semakin banyak menghasilkan prajurit yang tangguh, profesional, dan dapat menjaga persatuan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meyakini pembangunan Graha Utama Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah seluas 8.068 meter persegi akan mendorong para taruna TNI untuk menimba ilmu.

Selain itu, dia mengatakan bahwa sarana prasarana pendidikan di Akmil ke depannya akan semakin canggih dan modern.

"Pembangunan Graha Utama seluas 8.068 meter persegi ini akan sangat membeirkan dorongan kepada kita semuanya untuk belajar lebih baik lagi karena sarana dan prasarana pendidikan di Akmil akan semakin lengkap, semakin canggih, dan semakin modern," ucap Jokowi saat meresmikan Graha Utama Akmil Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024).

Dia menyampaikan, Graha Utama ini dapat dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan akademis dan acara-acara militer. Jokowi berharap Akmil Magelang dapat semakin banyak menghasilkan prajurit yang tangguh, profesional, dan dapat menjaga persatuan Indonesia.

"Saya harap dengan penambahan fasilitas pendiidikan ini Akmil Magelang akan semakin maju, menghasilkan semakin banyak prajurit yang tangguh dan profesional yang siap mendedikasikan kemampuan terbaiknya untuk menjaga persatuan dan kedaulatan bangsa, mewujudkan kemajuan Indonesia," jelasnya.

Jokowi mengaku senang bisa bertemu dengan taruna Akmil Magelang. Dia menyebut Akmik Magelang yang berlokasi di Lembah Tidar merupakan tempat terindah bagi para taruna menempa mental dan intelektual.

"Hari ini saya senang bisa bertemu di Akademi Militer Magelang di Lembah Tidar, ini kawahnya para prajurit TNI terbaik Angkatan Darat, tempat menempa mental, menempa intelektual, dan menempa ketangguhan," tutur Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harapan Prabowo

Sementara itu, Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menyampaikan, pembangunan Graha Utama Akmil Magelang merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi besar pembangunan dan pengembangan fasilitas pendidikan di institusi pendidikan militer.

Dia berharap pembangunan gedung ini dapat memiliki peran sentral dalam membentuk watak, mental, dan intelektualitas calon pemimpin TNI dan pemimpin Bangsa.

"Graha utama Akmil selain sebagai perkantoran gubernur dan pejabat utama Akmil, juga jadi tempat penyelenggaraan acara kehormatan militer, acara penting, penerimaan tamu asing, peringatan peristiwa bersejarah," ujar Prabowo.

"Diharapkan pembangunan Akmil Magalang dapat meningkatakn kualitas dan mutu pendidikan para taruna, calon penerus bangsa dan dapat meningkatakn daya saing prajurit muda di kancah internasional," sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

Dihadiri Sejumlah Purnawirawan TNI

Dalam peresmian Graha Utama Akmil Magelang ini, hadir Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad, dan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.

Tampak hadir sejumlah purnawirawan TNI antara lain, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Jenderal (Purn) Wiranto, Menteri Koordinator Bidang Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Hendropriyono, mantan Menhan RI Jenderal (Purn) Agum Gumelar, hingga mantan KSAD Jenderal (Purn) Dudung Abdurachman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini