Sukses

Infografis 6 Gunung di Indonesia Meletus Serentak di Januari 2024

Badan Geologi Kementerian ESDM mencatat 101 erupsi atau letusan dari 6 gunung di Indonesia sejak awal tahun ini. Terdiri dari Lewotobi Laki-Laki, Marapi, Ibu, Semeru, Ili Lewotolok, hingga Dukono.

Liputan6.com, Jakarta - Ada 101 erupsi atau letusan dari 6 gunung api di Indonesia yang tercatat sejak awal tahun ini. Data ini merujuk laman Magma Indonesia, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) per Senin 22 Januari 2024.

Seperti dilansir Magma Indonesia, gunung api yang mengalami letusan terbanyak, yakni Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kedua, yaitu Gunung Marapi di Sumatra Barat, dengan 24 letusan.

Urutan ketiga Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara, dengan 14 Letusan erupsi. Berikutnya Gunung Semeru di Jawa Timur, dengan 6 erupsi.

Sedangkan Gunung Ili Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT, dengan 5 letusan. Keenam, yakni Gunung Dukono di Pulau Halmahera, Maluku Utara, dengan 4 letusan.

Secara keseluruhan status gunung api saat ini terdiri dari 1 gunung status Awas atau Level IV, yaitu Gunung Lewotobi Laki-Laki. Selanjutnya 4 gunung status Siaga atau Level III, yakni Gunung Anak Krakatau di Lampung, Gunung Marapi di Sumatra Barat, Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, serta Gunung Semeru di Jawa Timur.

Selebihnya 19 gunung status Waspada atau Level II. Adapun 44 gunung status Normal atau Level I.

Bagaimana infomasi lainnya seputar 6 gunung yang meletus serentak di Januari 2024? Bagaimana sederet bahaya primer maupun sekunder dari letusan gunung api? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis 6 Gunung di Indonesia Meletus Serentak di Januari 2024

3 dari 3 halaman

Infografis Sederet Bahaya Langsung dan Susulan dari Letusan Gunung Api

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini