Sukses

Sampah Sisa Perayaan Malam Tahun Baru 2024 di Jakarta Capai 130 Ton

Sampah sisa perayaan malam tahun baru 2024 di Jakarta kali ini merupakan yang terbanyak usai pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan malam tahun baru 2024 di Jakarta menyisakan sampah. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta melaporkan, jumlah sampah yang terkumpul usai perayaan malam tahun baru 2024 di seluruh Ibu Kota mencapai 130 ton.

Kepala DLH DKI Jakarta Asep Kuswanto mengungkapkan, jumlah sampah perayaan tahun baru ini merupakan yang terbanyak usai masa pandemi Covid-19.

"Jumlah ini merupakan jumlah terbesar setelah melewati masa pandemi. Tahun lalu sebanyak 74 ton. Sedangkan sebelum pandemi, pada pergantian tahun 2019 ke 2020 sampah mencapai 125 ton," kata Asep dalam keterangan tertulis, Senin (1/1/2024).

"Tadi malam sampah mencapai 130 ton dari seluruh Jakarta dan khusus dari sepanjang jalan Sudirman-Thamrin terkumpul 32 ton sampah," sambungnya. 

Asep menambahkan, pihaknya menargetkan sampah-sampah tersebut selesai ditangani pada pukul 04.00 Wib atau sebelum subuh pada tanggal 1 Januari 2024 ini.

Nantinya, sampah-sampah tersebut diangkut dan diolah di TPS 3R.

"Kami menerjunkan 3.180 petugas untuk menjaga kebersihan di lokasi-lokasi perayaan tahun baru di Jakarta. Petugas kebersihan dibagi menjadi empat shift tanpa henti," ujar Asep.

Lebih lanjut, Asep mengapresiasi kerja keras petugas kebersihan yang telah berhasil membersihkan sampah-sampah tahun baru di titik keramaian Jakarta.

"Kami juga ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dengan DLH. PPSU, Para petugas Satpol PP, Dishub, Distamhut, semua bahu-membahu untuk membuat Jakarta kinclong lagi,” imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1.640 Personel Satpol PP Amankan Pesta Tahun Baru di Jakarta

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta mengerahkan 1.640 orang personel untuk mengamankan perayaan malam tahun baru 2024 di Jakarta, Minggu (31/12/2023).

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, sebanyak 930 personel akan mengamankan acara Malam Muda Mudi di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin.

Sementara itu, sebanyak 360 personel Satpol PP lainnya mengamankan acara hiburan tahun baru 2024 di tingkat kota/kabupaten administrasi Jakarta. Lalu, 350 personel akan mengamankan ruang publik pada libur tahun baru 1 Januari 2024.

"Jajaran Satpol PP Provinsi DKI Jakarta akan mengendalikan ketenteraman dan ketertiban umum pada perayaan malam tahun baru 2024 di titik-titik ruang publik," kata Syafrin dalam keterangan tertulis, diterima Minggu (30/12/2023).

"Kami akan berupaya meminimalisir potensi pelanggaran Peraturan Daerah (Perda), seperti antisipasi terhadap adanya Pedagang Kecil Mandiri (PKM) dan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS)," ucap Arifin.

 

3 dari 3 halaman

Siapkan 56 Pos Pengamanan dan Pengaduan

Selain itu, Satpol PP DKI Jakarta juga akan menyiapkan 56 pos pengamanan dan pengaduan masyarakat di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin untuk pengaduan. Warga bisa datang ke pos ini apabila salah satu anggota keluarga terpisah atau ada kehilangan barang berharga lainnya.

"Kami selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk menjaga dan mengamankan seluruh kegiatan di malam tahun baru. Kami berharap masyarakat dapat mematuhi aturan-aturan yang berlaku," kata Arifin.

Lebih lanjut, kata Arifin, sebagai antisipasi perkembangan kasus Covid-19 di DKI Jakarta, masyarakat diminta untuk kembali menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.