Sukses

30 Ribu Warga Diprediksi Akan Padati Bundaran HI, Polisi Beri Himbauan

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pihaknya memprediksi akan ada sekitar 30.000 warga lebih memadati area Bundaran HI saat malam puncak pergantian tahun.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan City Vision menggelar perayaan malam Tahun Baru 2024 di Bundaran HI, Jakarta Pusat, pada Minggu (31/12/2023).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pihaknya memprediksi akan ada sekitar 30.000 warga lebih memadati area Bundaran HI saat malam puncak pergantian tahun.

“Diperkirakan, kepadatan di Bundaran HI mencapai 30.000, sementara dari setiap panggung bisa mencapai 3.000 -5000, sehingga total yang berkumpul di (sekitar) Bundaran HI bisa sampai sekitar 50.000,” kata Susatyo kepada wartawan.

Karena hal ini, lanjut dia, pihak Polres Metro Jakarta Pusat telah menyiapkan sejumlah jalur evakuasi darurat sebagai, upaya pertolongan kepada masyarakat, apabila terjadi suatu insiden tak terduga di lapangan.

"Sehingga dapat mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga kami juga harus menyiapkan jalur evakuasi darurat apabila ada yang sakit dan lain sebagainya," jelas Susatyo. 

“Kami juga berharap semua masyarakat yang hadir di Bundaran HI ini bisa sama- sama waspada, menjaga barang bawaan, termasuk juga kendaraan yang mungkin terparkir jauh di Bundaran HI,” tambahnya.

Walau demikian, Susatyo memastikan sampai saat ini proses pengamanan acara tahun baru di Bundaran HI masih berjalan sesuai rencana.

Dengan penempatan beberapa petugas medis sampai damkar di setiap panggung.

“Setiap ada panggung-panggung yang disiapkan, kami juga menyiapkan setiap panggungnya personel kesehatan dan pemadam kebakaran. Itu sudah jadi satu paket, sehingga setiap panggung mungkin sangat padat,” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

DKI Jakarta Bakal Terbangkan 500 Drone

Sebelumnya, Co-Founder dan Co-CEO City Vision Juliana Kumala berujar, penyelenggaraan perayaan pergantian malam tahun baru di Bundaran HI menggabungkan teknologi canggih dengan kreativitas muda-mudi Ibu Kota.

Dia menyebutkan, akan ada penampilan dari 500 drone yang akan menyorot Bundaran HI. Pertunjukan ini menjadi penampilan andalan di Bundaran HI.

"[Lalu], water mist show yang menakjubkan, dan 3D projection mapping yang memukau di The Plaza. Kirana Jakarta by City Vision akan menjadi pesta kelas dunia bertema masa depan yang tidak ingin terlewatkan," kata Juliana dalam keterangan tertulis, diterima Minggu (31/12/2023).

Menurut Juliana, warga bisa menikmati pertunjukan di Bundaran HI mulai pukul 20.00 WIB. Lalu, mulai 21.00 WIB, akan ada pertunjukan berupa wayang, gatot kaca, dan pertunjukan bertema Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kemudian, mulai 22.00 WIB, watermist show dan video mapping 3D show akan memeriahkan Bundaran HI. Kedua pertunjukan tersebut akan bertemakan Indonesia Sendratari dan transformasi Kota Jakarta.

"Pukul 23.00 WIB, Kirana Jakarta by City Vision menampilkan watermist show di Bundaran HI dan video mapping 3D show di The Plaza dengan tema hutan Indonesia, Sendratari Jakarta, dan kaleidoskop," urai Juliana.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata sebelumnya berujar, acara perayaan pergantian tahun 2024 akan bertajuk "Malam Muda-mudi Jakarta Kota Global".

3 dari 3 halaman

Puncak Perayaan Tahun Baru 2024

Menurut dia, puncak perayaan Tahun Baru 2024 akan berlangsung di panggung utama yang terletak di Bundaran HI, Jakarta Pusat.

"Ada 11 panggung hiburan yang tersebar di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin dan puncak perayaan pergantian tahun di panggung utama Bundaran HI dengan menampilkan artis-artis Ibu Kota," sebut Andhika dalam keterangannya.

Ia mengatakan, "Malam Muda-mudi Jakarta Kota Global" terdiri dari serangkaian acara. Misalnya, pertunjukan Gemilang Silang Monas, video mapping, dan acara di 11 panggung hiburan.

Selain itu, terdapat pula parade Jakarnaval yang menampilkan 10 tokoh khas Jakarta, yakni Maskot Jakarta-JeKaTe, Fun Cican, Our Happiness, Cute Monster, Si Juki, Si Unyil, Sayuti Koboi Betawi, Sri Asih, Si Buta dari Gua Hantu, dan Satria Dewa Gatot Kaca.

"Kegiatan kesenian lainnya juga akan dihadirkan di lokasi panggung hiburan di beberapa titik," kata Andhika.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini