Sukses

BPBD Jakarta Imbau Warga Antisipasi Hujan saat Merayakan Malam Tahun Baru 2024

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memprediksi akan terjadi hujan saat malam pergantian tahun di Jakarta. Oleh sebab itu, warga diimbau untuk mengantisipasi terjadinya hujan saat merayakan malam tahun baru di luar ruangan.

Liputan6.com, Jakarta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memprediksi akan terjadi hujan saat malam pergantian tahun di Jakarta. Oleh sebab itu, warga diimbau untuk mengantisipasi terjadinya hujan saat merayakan malam tahun baru di luar ruangan.

Kepala BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, menganjurkan warga yang sedang berada di luar ruang untuk menjauhi pohon rindang hingga reklame. Selain itu, warga juga disarankan membawa jas hujan atau payung saat menikmati malam pergantian tahun di luar ruang.

"BMKG memprakirakan terjadi hujan ringan di seluruh DKI. Saya imbau agar warga yang ingin menikmati malam tahun baru jauhi pohon rindang, papan reklame, dan jangan lupa bawa payung atau jas hujan," kata Isnawa dalam keterangan tertulis, Minggu (31/12/2023).

Isnawa menyampaikan, kondisi cuaca dan potensi bencana hidrometeorologi pada 2023 berbeda dengan tahun lalu. Menurut Isnawa, hal tersebut terlihat dengan tingginya intensitas curah hujan sejak dua pekan sebelumnya.

"Kondisi cuaca pada malam pergantian tahun ini lebih kondusif dari tahun lalu," ujar Isnawa.

Meski begitu, Isnawa menyebut cuaca pada Minggu (31/12/2023) ini cukup kondusif. Namun warga tetap diimbau untuk waspada serta tidak lengah terhadap berbagai potensi bencana di sekitar lingkungan masing-masing pada saat merayakan malam tahun baru.

"Total kita siagakan 400 personel pada malam tahun baru ini. Warga yang butuh layanan darurat medis, atau ada kejadian di lingkungan, silakan hubungi 112," ucap Isnawa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pemprov DKI Gelar Berbagai Acara Perayaan Malam Tahun Baru

Dalam rangka menyambut tahun baru 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan berbagai acara menarik bertema 'Festival Malam Muda-Mudi, Jakarta Kota Global' pada 31 Desember 2023 di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

Ada 11 panggung hiburan yang tersebar di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin. Adapun puncak perayaan pergantian tahun bakal berlangsung di panggung utama Bundaran Hotel Indonesia (HI) dengan berbagai penampilan artis-artis ibu kota.

Festival Malam Muda Mudi ini akan mengusung konsep Car Free Night (CFN) atau malam bebas kendaraan bermotor.

Akan ada berbagai kegiatan seperti Gemilang Silang Monas, video mapping, panggung hiburan, serta parade Jakarnaval yang akan menampilkan IP-Based Character.

3 dari 5 halaman

Transjakarta, LRT dan MRT Perpanjang Layanan Operasional pada Malam Tahun Baru 2024

Pemprov DKI Jakarta menggelar Car Free Night (CFN) untuk merayakan malam tahun baru 2024 pada Minggu (31/12/2023). Untuk mendukung hal itu, layanan transportasi umum Jakarta melakukan penyesuaian jam operasional layanannya.

Pertama, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan mengoperasikan armadanya selama 24 jam saat malam pergantian tahun.

Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transjakarta Wibowo mengatakan, layanan 24 jam saat malam pergantian tahun diberikan untuk mempermudah mobilitas masyarakat yang ingin menyemarakkan perayaan pergantian tahun.

"Kami terus berupaya memberikan rekomendasi kepada masyarakat untuk selalu menggunakan transportasi publik, khususnya Transjakarta sebagai moda transportasi pilihan. Serta kemudahan mobilitas dalam berbagai kegiatan, termasuk saat perayaan pergantian malam tahun baru," kata Wibowo dalam keterangan yang diterima, Minggu (31/12/2023).

Selain di koridor utama, Transjakarta juga melakukan perpanjangan jam operasional di empat rute non-BRT, yakni Pantai Maju - Balai Kota (1A), Harmoni - Ancol (5H), TMII - Tegal Parang (7D), dan Ciputat - CSW (S21).

Selama Car Free Night Tahun Baru 2024, keempat rute tersebut akan beroperasi hingga pukul 02.00 WIB dari sebelumnya hanya beroperasi hingga pukul 22.00 WIB.

"Pelanggan yang merayakan tahun baru di lokasi-lokasi tersebut tidak perlu khawatir karena kami siap mengantar sampai ke tujuan dengan aman dan nyaman," kata Wibowo.

Tambah Armada

Kemudian, Transjakarta juga menambah 30 unit bus pada koridor BRT seperti Blok M - Kota (Koridor 1), Pulogadung - Monas (Koridor 2), Kalideres - Monas (Koridor 3), Kampung Melayu - Ancol (Koridor 5), Ragunan - Dukuh Atas 2 (Koridor 6), Kampung Rambutan - Kampung Melayu (Koridor 7), Lebak Bulus - Pasar Baru (Koridor 8) dan Pinang Ranti – Pluit (Koridor 9).

"Selain itu akan ada penyesuaian sejumlah layanan Transjakarta ketika CFN mulai pukul 19.00 - 01.00 dini hari. Hal ini akan diinformasikan kepada pelanggan melalui berbagai media informasi Transjakarta,"kata Wibowo.

Selanjutnya, PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta juga memperpanjang layanan operasional mulai hingga 02.00 WIB.

Head of Corporate Secretary Division PT LRT Jakarta Sheila Indira Maharshi mengatakan, pihaknya siap untuk mengantarkan warga yang akan menikmati malam pergantian tahun di Jakarta.

"Kami siap mengantarkan warga yang ingin merayakan malam tahun baru dengan aman dan nyaman," kata Sheila dalam rilisnya, Minggu (31/12/2023).

Sheila mengingatkan, warga yang ingin menggunakan layanan LRT untuk menyediakan kartu atau aplikasi uang elektronik dengan minimum saldo Rp8.500.

4 dari 5 halaman

LRT Gelar Kegiatan di Stasiun

Tak hanya layanan armada, LRT Jakarta juga menggelar berbagai kegiatan dalam rangka menyambut Tahun Baru 2024 di stasiun tertentu. Di antaranya, membagikan cotton candy untuk para penumpang yang memulai perjalanan di Stasiun Velodrome dan Stasiun Boulevard Utara.

Menurutnya, pembagian ini dihadirkan sebagai pesan manis Natal dan tahun baru kepada para penumpang yang setia menggunakan layanan LRT Jakarta.

Disediakan juga Pantomime Show on Train yang dapat memberikan pengalaman menghibur bagi penumpang.

"Persembahan ini sebagai upaya kami mewujudkan layanan terbaik bagi seluruh penumpang moda transportasi publik yang aman, nyaman, dan ramah untuk seluruh kalangan," kata Sheila.

5 dari 5 halaman

MRT Perpanjang Operasional hingga Pukul 02.00 WIB

Terakhir, PT MRT Jakarta juga akan memperpanjang jam layanan operasional hingga pukul 02.00 WIB.

"Perpanjangan jam operasional untuk mendukung Festival Malam Muda Mudi Jakarta," kata Corporate Secretary Division Head MRT Ahmad Pratomo dalam keterangan tertulisnya.

Ahmad merinci, jadwal kereta terakhir saat malam tahun baru, yaitu Stasiun Lebak Bulus Grab-Stasiun Bundaran HI 01.10 WIB; Stasiun Lebak Bulus Grab-Stasiun Blok M BCA 01.25 WIB; dan Stasiun Bundaran HI-Stasiun Lebak Bulus Grab 01.31 WIB.

Sebagai informasi, pada hari biasa MRT Jakarta beroperasi mulai pukul 05.00 hingga pukul 24.00 WIB dengan selang waktu keberangkatan antarkereta setiap lima menit pada waktu sibuk dan 10 menit di luar waktu sibuk dan hari libur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.
    Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.

    Jakarta

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Moda Raya Terpadu atau disingkat MRT adalah sistem transportasi rel angkutan cepat di Jakarta.

    MRT

  • Lintas Rel Terpadu Jabodetabek atau disingkat menjadi LRT Jabodetabek adalah lintas rel terpadu yang berada di daerah Jabodetabek.

    LRT

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • BPBD

  • Hujan

  • Tahun Baru 2024

  • Car Free Night