Sukses

Ada Rekayasa Lalin di 26 Titik Saat Malam Tahun Baru, Simak Daftarnya

Dishub DKI Jakarta menerapkan rekayasa lalin berupa penutupan ruas jalan di 26 titik dan rute alternatif pengalihan arus lalu lintas menuju Jalan Sudirman-Thamrin saat perayaan Malam Tahun Baru 2024 di Ibu Kota.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bakal menerapkan rekayasa lalu lintas berupa penutupan ruas jalan di 26 titik dan rute alternatif pengalihan arus lalu lintas menuju Jalan Sudirman-Thamrin saat perayaan Malam Tahun Baru 2024 di Ibu Kota.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyelenggarakan berbagai kegiatan saat Malam Tahun Baru pada Minggu, 31 Desember 2023 bertajuk Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global. Acara dipusatkan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman - MH Thamrin.

"Kami menerapkan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas pada Malam Muda Mudi Jakarta Kota Global. Kami imbau masyarakat dapat mematuhi aturan yang berlaku dan mengikuti arahan petugas di lokasi, serta mengutamakan keselamatan di jalan," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (30/12/2023).

Syafrin menyampaikan, rekayasa lalin akan diberlakukan mulai pukul 19.00-01.00 WIB. Warga diimbau untuk dapat menggunakan angkutan umum saat menuju lokasi-lokasi kegiatan acara digelar.

"Kami telah menyinergikan dengan pihak penyelenggara transportasi umum di Jakarta, seperti Kereta Commuter Indonesia dan BUMD bidang transportasi untuk menyesuaikan waktu operasional, sehingga memudahkan mobilitas masyarakat," ujar Syafrin.

Ruas Jalan yang Ditutup

Syafrin menjelaskan, ruas jalan dan akses menuju ruas jalan yang akan ditutup, yakni Jalan Jenderal Sudirman (mulai dari Bundaran Senayan sampai dengan Bundaran HI), Jalan MH Thamrin (mulai dari Bundaran HI sampai dengan Bundaran Patung Kuda).

Kemudian Jalan Pintu 1 Senayan, Jalur Lambat Kupingan Semanggi (Gatot Subroto) sisi Barat, Jalan Bendungan Hilir, Jalan KH. Mas Mansyur, Jalan Karet Pasar Baru Timur 5, Jalan Kupingan BNI 46, Jalan Kota Bumi dan Jalan Baturaja, Jalan Teluk Betung, dan Jalan Kebon Kacang.

Penutupan juga akan dilakukan pada ruas Jalan Sunda, Jalan Imam Bonjol, Jalan Sumenep Tosari, Landmark (Indocement), Jalan Setiabudi, Jalan Prof Dr Satrio, Jalan Masjid (Sampoerna), Jalan Garnisun dan Kolong Semanggi, Jalur lambat kupingan Semanggi (Gatot Subroto) sisi Timur, SCBD.

Lalu, di Jalan Tulodong Atas 2/Samping CIMB, Simpang Jalan Budi Kemuliaan dan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Kebon Sirih dari Arah Barat/ untuk arah timur tutup di Simpang Agus Salim, Jalan K.H Wahid Hasyim, dan Jalan Majapahit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengalihan Arus Lalu Lintas

Sementara itu, berikut rute alternatif pengalihan arus lalu lintas yang akan diberlakukan:

1. Lalu lintas dari Selatan ke Utara dialihkan melalui Jalan Hang Lekir I-Jalan Hang Tuah-Jalan Hang Lekir IV-Jalan Hang Lekir II-Jalan Hang Lekir I-Jalan Asia Afrika-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Gatot Subroto-Jalan K.S. Tubun-Jalan K.H. Mas Mansyur-Jalan Cideng-dst. Atau dapat melalui Jalan H.R. Rasuna Said-Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan K.H. Mas Mansyur-dst, maupun pada arah sebaliknya (Utara ke Selatan)

2. Lalu lintas dari Utara ke Selatan dialihkan melalui Jalan Ir. H. Juanda-Jalan Pos-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapangan Utara-Jalan Lapangan Banteng Barat-Jalan Pejambon-Jalan M.I. Ridwan Rais ke arah Jalan HR Rasuna Said-dst. Atau dapat melalui Jalan Gunung Sahari-Jalan Kramat Raya-Jalan Salemba-Jalan Proklamasi-Jalan Tambak-Jalan Prof Dr Sahardjo-dst

3. Lalu lintas dari Timur ke Barat dapat melalui Jalan M.I. Ridwan Rais-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Medan Merdeka Utara-Jalan Abdul Muis-dst. Sementara, lalu lintas sebaliknya dari arah Barat ke Timur dapat melalui Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit sisi Barat-Jalan Ir. Haji Juanda-Jalan Pos-dst. Atau dapat melalui Jalan Galunggung-Jalan R.M. Margono Djojohadikusumo-Jalan Penjernihan 1-dst.

3 dari 4 halaman

Dilarang Konvoi

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melarang konvoi kendaraan pada malam tahun baru 2024. Bagi pengendara yang membandel, akan dikenakan sanksi putar balik.

Hal itu disampaikan, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman. Dia mengatakan, pihaknya akan mengawasi sejumlah ruas jalan menuju Jakarta pada malam pergantian tahun, untuk mencegah adanya konvoi kendaraan.

"Iya (kami putar balik). Kegiatan masyarakat yang sekiranya itu akan mengganggu aktivitas kegiataan masyarakat lainnya seperti konvoi, bak terbuka akan kita putar balikkan," kata dia di Polda Metro Jaya, Jumat (29/12/2023).

Latif merinci, anggota kepolisian akan ditempatkan di wilayah Kalimalang untuk memantau arus kendaraan dari arah Bekasi. Berikutnya, untuk mengawasi kendaraan dari arah Bogor, akan ditempatkan anggota di sekitar Pasar Rebo, Jakarta Timur.

 

4 dari 4 halaman

Filterisasi Kendaraan Mulai Pukul 16.00 WIB

Sementara itu, untuk memantau pergerakan kendaraan dari arah Depok, Latif menyebut pihaknya akan menempatkan anggota di kawasan Lenteng Agung.

Sedangkan untuk mengawasi kendaraan dari Tangerang pada malam tahun baru, personel ditempatkan di daerah Daan Mogot, Jakarta Barat. "Akan kita tempatkan personel di situ akan kita lakukan pengalihan arus apabila terjadi arak-arakan yang mengganggu aktivitas masyarakat lainnya," ujar dia.

Latif mengatakan, filterisasi kendaraan mulai berlaku sejak pukul 16.00 WIB pada Minggu 31 Desember 2023.

Harapannya, masyarakat dapat beraktivitas di kotanya masing-masing, sehingga tak ada penumpukan kendaraan di DKI Jakarta.

"Harapan kita demikian jadi orang Tangerang ya di Tangerang, orang Bekasi ya di Bekasi, orang Depok ya Depok. Harapannya itu, jadi tidak tumpah ruah berada di Jakarta," katanya menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini