Sukses

Infografis Beli Gas Subsidi LPG 3 Kg Wajib Pakai KTP Mulai 1 Januari 2024

Ada aturan baru untuk membeli gas subsidi LPG 3 kg. Wajib pakai KTP mulai 1 Januari 2024. Masyarakat harus mendaftar lebih dulu untuk masuk ke dalam data penerima LPG 3 kg bersubsidi.

Liputan6.com, Jakarta - Ada aturan baru untuk membeli gas subsidi LPG 3 kg. Wajib pakai KTP mulai 1 Januari 2024. Masyarakat harus mendaftar lebih dulu untuk masuk ke dalam data penerima LPG 3 kg bersubsidi.

KTP dan KK menjadi syarat untuk pendaftaran. Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengimbau masyarakat yang belum terdata agar segera mendaftar sebelum melakukan pembelian LPG 3 kg. Untuk mendaftar, masyarakat hanya perlu menunjukkan KTP dan KK di penyalur atau pangkalan resmi.

Dari data yang tercatat hingga November 2023, sebanyak 27,8 juta pengguna LPG 3 kg telah bertransaksi melalui merchant app Pertamina di penyalur/pangkalan resmi.

Untuk memaksimalkan proses pendataan tersebut, pemerintah mendorong agar para pengguna LPG 3 kg subsidi yang belum terdata untuk segera mendaftar.

"Pendataan pengguna LPG tabung 3 kg sebagai langkah awal proses transformasi ini dilaksanakan sejak 1 Maret sampai dengan 31 Desember 2023," terang Tutuka.

Kepala Bagian Publikasi Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Agus Sujatno menegaskan, LPG 3 kg merupakan barang bersubsidi. Maka dari itu, peredaran LPG 3 kg pada masyarakat perlu dengan mekanisme yang ketat agar tidak salah sasaran.

Agus menyarankan, jika pembelian LPG 3 kg menggunakan KTP berbasis pada data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE), maka perlu ada pemutakhiran data.

"Ini penting untuk meng-cover kelompok rentan yang selama ini tidak terdaftar, atau sebaliknya kelompok mampu yang justru masuk data," kata Agus.

Seperti apa pembelian gas subsidi LPG 3 kg wajib pakai KTP mulai 1 Januari 2024? Bagaimana jaminan pasokan dan stok berlangsung aman? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Beli Gas Subsidi LPG 3 Kg Wajib Pakai KTP Mulai 1 Januari 2024

3 dari 3 halaman

Infografis Jaminan Aman Beli LPG 3 Kg Wajib Pakai KTP Mulai 1 Januari 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini