Sukses

Diskominfo Staper Kabupaten Kutai Timur Gelar Rakor Satu Data, Ini yang Jadi Tujuan!

Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Kutai Timur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Satu Data Kabupaten Kutai Timur.

Liputan6.com, Sangatta Guna memberikan pengetahuan serta pembinaan kepada perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur sebagai produsen data, Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Kutai Timur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Satu Data Kabupaten Kutai Timur.

Plt. Kepala Bidang Statistik Diar Fauzi Wiranata mengatakan bahwa upaya percepatan penyelenggaraan Satu Data Kutai Timur adalah kunci dalam menyukseskan transformasi digital dan menjadi penyokong pemerintah dalam menyelesaikan isu-isu strategis.

"Sebagai salah satu komponen terpenting dalam transformasi digital, data memegang peranan strategis terhadap perencanaan pembangunan daerah, sehingga koordinasi pengelolaan data perlu lebih didorong lagi ke seluruh pemangku kepentingan, seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan data yang berkualitas," katanya.

"Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan ini dapat menjadi batu loncatan untuk akselerasi perwujudan Satu Data di Kabupaten Kutai Timur," jelas Diar.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan Rakor itu adalah memberikan pemahaman tentang Satu Data Indonesia beserta instrumen-instrumen pendukungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Koordinasi dan Konsolidasi

Diar menyebut bahwa Rakor juga betujuan untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dapat dipertanggungkan dan mudah diakses serta dibagi pakaikan sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah. 

"Upaya koordinasi dan konsolidasi kinerja Satu Data Indonesia untuk mendukung pembangunan  yang lebih berkualitas," sebut Diar.

"Hasil yang diharapkan, adalah persamaan persepsi dan pemahaman serta penguatan komitmen dalam penyelenggaraan statistik sektoral dan Satu Data Indonesia di Kabupaten Kutim," jelasnya.

Diar juga mengatakan, hasil lainnya yang diharapkan adalah adanya peningkatan koordinasi, harmonisasi, sinergi dan kerja sama penyelenggara statistik sektoral antar stakeholder sesuai peran dan fungsi yang telah dikuatkan melalui regulasi yang telah ditetapkan. 

"Upaya komitmen dan harapan bersama dalam percepatan Satu Data Indonesia melalui aksi nyata seluruh stakeholder yang akan dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya selaras dengan perencanaan pembangunan daerah rencana aksi Satu Data Indonesia," katanya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini