Sukses

Gereja Tiberias Indonesia Gelar Ibadah Natal di GBK, Polri Terjunkan 740 Personel Gabungan

Polisi mengimbau masyarakat menghindari kawasan GBK untuk mencegah kemacetan, karena kegiatan ibadah Natal berlangsung sejak pukul 13.00 - 22.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menerjunkan ratusan personel untuk mengamankan ibadah Natal yang digelar Gereja Tiberias Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (9/12/2023). Total ada 740 personel keamanan yang disiagakan di lokasi acara.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo menerangkan, 740 personel yang diterjunkan meliputi 674 personel gabungan dari Polres Metro Jakarta Pusat dan Polda Metro Jaya. Sedangkan, sisanya 66 personel dari pemerintah Provinsi DKI Jakarta Jakarta.

"Total 740 personel yaitu Polda Metro 577 personel dan Polres 97 personel. Kemudian, Pemda yakni 26 personel Satpol PP, Dishub 26 personel dan Damkar 14 personel," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/12/2023).

Terpisah, Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali menambahkan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar menghindari kawasan seputaran (GBK) untuk mengantisipasi kemacetan.

"Mengingat banyak sekali kegiatan dimulai dari pukul 13.00 sampai pukul 22.00 WIB," ujar dia.

Selain itu, kepada jemaat Tiberias yang akan melaksanakan ibadah Natal di Stadion Utama Gelora Bung Karno diharapkan menggunakan moda transportasi umum atau sepeda motor.

"Mengingat fasilitas parkir tempat parkir di sekitaran GBK sangat-sangat terbatas," kata Dermawan dalam keteranganya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kapolri Komitmen Beri Pengamanan Terbaik Saat Nataru

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berkomitmen memberikan pengamanan terbaik selama perayaan Hari Besar Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) bagi seluruh masyarakat. Hal itu disampaikan dalam rapat koordinasi lintas sektoral di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Kamis 7 Desember 2023.

"Tentunya akan ada kegiatan perayaan Natal di tanggal 25 Desember yang juga harus kita amankan. Dan kemudian nanti di akhir tahun akan terjadi kegiatan masyarakat yang akan melaksanakan perayaan akhir tahun. Dan itu semua menjadi satu rangkaian kegiatan yang harus kita amankan," tutur Listyo dalam siaran persnya, Jumat (8/12/2023).

Listyo menyebut, jajaran Polri akan mewujudkan komitmennya dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang merayakan Natal maupun tahun baru.

"Harus kita berikan pelayanan. Sehingga seluruh aktivitas kegiatan masyarakat pada saat kegiatan Nataru semuanya bisa berjalan dengan baik," jelas dia

Menurut Listyo, pengamanan dan pelayanan harus dilakukan maksimal karena berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), jumlah arus mudik maupun balik akan mengalami peningkatan pada Nataru tahun ini.

 

3 dari 4 halaman

Tingkatkan Kewaspadaan

Sebab itu, tugas kepolisian dalam mengayomi masyarakat mesti optimal demi masyarakat mendapatkan rasa aman, nyaman dan damai saat perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Dan tentunya seluruh stakeholder yang ada betul-betul bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan Nataru," katanya.   

Di samping itu, Listyo meminta seluruh personel untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi, bahkan di tengah momen Nataru.

"Juga akhir-akhir ini kita mulai menghadapi situasi hujan, yang dalam satu bulan ini kita melihat ada beberapa wilayah yang terdampak apakah banjir, longsor dan ini semua menjadi bahan untuk kita rapatkan. Sehingga terhadap masalah-masalah yang mungkin akan muncul ini semua bisa kita pecahkan bersama," ungkapnya.

 

4 dari 4 halaman

TNI-Polri Siap Bersinergi Amankan Nataru

Listyo menegaskan, TNI-Polri hingga Kementerian dan Lembaga, termasuk seluruh stakeholder terkait akan terus bersinergi serta berkoordinasi guna memastikan perayaan Nataru di masyarakat berjalan lancar.

"Harapan kita, gelaran operasi ini betul-betul bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam tahapan pelaksanaan kegiatan yang ada. Karena memang banyak hal-hal lain juga harus kita amankan dan ini menjadi satu kesatuan kegiatan, yang tentunya ini menjadi komitmen kita bersama untuk untuk melakukan kesiapan kesiapan dengan baik," kata Listyo menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.