Sukses

Top 3 News: Kata Kubu SYL Sebut Ada Petinggi 2 Parpol Diduga Terlibat Kasus Kementan

Kuasa hukum dari eks Mentan Syahrul Yasin Limpo, Djamaluddin Koedoeboen mengklaim adanya oknum petinggi dari dua partai politik (parpol) yang diduga terlibat dalam beberapa proyek di Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kuasa hukum dari eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Djamaluddin Koedoeboen mengeklaim adanya oknum petinggi dari dua partai politik (parpol) yang diduga terlibat dalam beberapa proyek di Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Itulah top 3 news hari ini.

Djamaluddin menyebut petinggi parpol ini memiliki keterkaitan atas kasus pemerasan yang diduga dilakukan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif, Firli Bahuri berujung sebagai tersangka.

Namun, Djamaluddin tidak merinci parpol yang diduga terlibat beberapa proyek di Kementan. Hal itu sebagai balasan dari sejumlah klaim yang disampaikan pihak Firli Bahuri soal kasus ini.

Sementara itu, viral sebuah video yang memperlihatkan sejumlah warga Rohingya terdampar di pesisir pantai. Belum diketahui lokasi pantai tersebut. Namun, yang bikin heboh adalah warga Rohingya tersebut menggunakan tas bertuliskan UNHCR.

United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) merupakan organisasi internasional di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). UNHCR disebut juga sebagai Badan Pengungsi PBB.

Akun rakah_aceh ini memberikan keterangan di video tersebut: 'Keren persiapan terdamparnya Kaum Rohingya disponsori oleh UNHCR'. 'Tas rohingya ada logi UNHCR' dalam video tersebut.

Menanggapi hal itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, sejumlah warga Rohingya tersebut hanya transit di Indonesia dan akan melanjutkan perjalanan ke negara tujuan.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait seorang wanita yang ditemukan tewas pada Sabtu malam, 2 Desember 2023 di sebuah ruko kosong kawasan Braja Mustika, Jalan dr Semeru, Kota Bogor, Jawa Barat.

Pihak Polsek Bogor Barat pun langsung menuju TKP untuk mendapatkan laporan adanya wanita yang tewas. Hal tersebut disampaikan Kapolsek Bogor Barat Kompol Sudar.

Menurut Sudar, dari hasil olah TKP, ditemukan luka pada hidung dan pipi yang diduga kuat akibat penganiayaan. Polisi kemudian menyimpulkan bahwa korban tewas karena dibunuh.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 6 Desember 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kubu SYL Sebut Ada Petinggi 2 Parpol Diduga Terlibat Kasus Kementan: Kalau Kita Buka, Bisa-bisa Pilpres Ini Ditunda

Kuasa hukum dari eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Djamaluddin Koedoeboen mengeklaim adanya oknum petinggi dari dua partai politik (parpol) yang diduga terlibat dalam beberapa proyek di Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

"Ada lebih dari dua partai politik lah yang diduga terlibat dalam permasalahan itu. Ada oknum ya, oknum. Oknum petinggi partai," kata Djamaluddin saat dikonfirmasi, Rabu 6 Desember 2023.

Djamaluddin menyebut petinggi parpol ini memiliki keterkaitan atas kasus pemerasan diduga dilakukan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif, Firli Bahuri berujung sebagai tersangka.

"Ini terkait dugaan keterlibatan mereka di beberapa proyek di Kementan, sehingga terjadi pemerasan dari FB selaku ketua KPK nonaktif terhadap Pak SYL," ucap dia.

Namun, Djamaluddin tidak merinci siapa saja nama oknum dan parpol yang diduga terlibat beberapa proyek di Kementan. Hal itu sebagai balasan dari sejumlah klaim yang disampaikan pihak Firli Bahuri soal kasus ini.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Viral Warga Rohingya Terdampar di Pantai tapi Pakai Tas UNHCR, Ini Penjelasan Kapolri

Viral sebuah video yang memperlihatkan sejumlah warga Rohingya terdampar di pesisir pantai. Belum diketahui lokasi pantai tersebut.

Namun, yang bikin heboh adalah warga Rohingya tersebut menggunakan tas bertuliskan UNHCR.

United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) merupakan organisasi internasional di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). UNHCR disebut juga sebagai Badan Pengungsi PBB.

Akun rakah_aceh ini memberikan keterangan di video tersebut: 'Keren persiapan terdamparnya Kaum Rohingya disponsori oleh UNHCR'. 'Tas rohingya ada logi UNHCR' dalam video tersebut.

Menanggapi hal itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, sejumlah warga Rohingya tersebut hanya transit di Indonesia dan akan melanjutkan perjalanan ke negara tujuan. 

"Sebelumnya ada kesepakatan ya, bahwa terkait dengan pengungsi-pengungsi yang masuk ke negara transit dan akan ke negara tujuan, maka mau tidak mau kita harus menerima. Namun demikian, kita bekerja sama dengan UNHCR," kata Sigit di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 5 Desember 2023.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Tujuh Fakta Pria Bertato Bunuh Pacar di Bogor, Mayatnya Disimpan dalam Ruko Kosong

Seorang wanita ditemukan tewas pada Sabtu 2 Desember 2023 malam di sebuah ruko kosong kawasan Braja Mustika, Jalan dr Semeru, Kota Bogor, Jawa Barat.

Pihak Polsek Bogor Barat pun langsung menuju TKP untuk mendapatkan laporan adanya wanita yang tewas.

"Kami mendapat laporan ada temuan mayat wanita di Ruko Braja Mustika pada Sabtu kemarin pukul 22.00 WIB," ujar Kapolsek Bogor Barat Kompol Sudar, Minggu, 3 Desember 2023.

 Dari hasil olah TKP, ditemukan luka pada hidung dan pipi yang diduga kuat akibat penganiayaan. Polisi kemudian menyimpulkan bahwa korban tewas karena dibunuh.

Namun tak butuh waktu lama, aparat kepolisian pun berhasil menangkap pria berinisial RA atau Rahmat Agil alias Alung, terduga pelaku pembunuhan gadis tersebut.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.