Sukses

Pimpin Pengembangan SDM NU, Erick Thohir Ditunjuk Jadi Ketua Lakpesdam

Erick meneruskan estafet posisi ketua Lakpesdam PBNU yang sebelumnya diemban KH Ulil Abshar Abdalla dan Hasanuddin Ali.

 

Liputan6.com, Jakarta Erick Thohir ditunjuk sebagai Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU. Keputusan ini disampaikan langsung Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) di dalam acara Pembukaan Muktamar Pemikiran NU 2023 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, pada Jumat (1/12/2023).

Erick Thohir meneruskan estafet posisi ketua Lakpesdam PBNU yang sebelumnya diemban KH Ulil Abshar Abdalla dan Hasanuddin Ali. Gus Yahya pun mengaku sudah meneken Surat Keputusan (SK) terbaru PBNU untuk mengangkat Erick sebagai motor utama pengembangan SDM NU itu.

"Saya sudah menandatangani SK baru, dan ketua Lakpesdamnya sudah berganti. Ketua Lakpesdam Erick Thohir,” kata Gus Yahya, Jumat (1/12/2023).

Sebagai salah satu kader terbaik NU, Gus Yahya ingin Erick mampu memberikan energi baru bagi NU agar mampu berbicara hingga tataran global. Erick, kata Gus Yahya, memiliki pengalaman dan kinerja profesional yang sangat baik di segala bidang. Dia berharap pengalaman dan rekam jejak Erick itu mampu mengantarkan NU mengembangkan teknokrasi di dalam tubuh organisasi yang semakin maju dan profesional.

“Karena saya mau membangun teknokrasi dalam operasi organisasional NU dan Pak Erik orang yang sangat berpengalaman, mempunyai track record kinerja yang bagus sekali dalam soal itu,” ujar Gus Yahya.

Gus Yahya berharap Lakpesdam PBNU di bawah kepemimpinan Erick bisa layaknya Bappenas yang merancang arah pembangunan strategis kedepan. “Saya ingin membangun Lakpesdam ini menjadi Bappenasnya PBNU. Pak Erick sudah bersedia,” ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir Dinilai Tepat Konsolidasikan Transisi Lakpesdam NU

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Saifullah Yusuf (Gus Ipul), menyampaikan dipilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU, didasarkan pada hasil rapat gabungan PBNU.

"Dalam pembahasan ketua umum Lakpesdam ini, saya sampaikan bahwa Lakpesdam ke depan ingin dijadikan sebagai Bappenasnya NU," kata dia, Sabtu (2/12/2023).

Karena itu, lanjut Gus Ipul, Lakpesdam PBNU nantinya mencakup perencanaan program dan juga penganggaran. Termasuk konsep-konsep strategis sampai turunannya, yang turut dibahas di dalam Lakpesdam.

"Jadi nantinya menjadi semacam lembaga think tank yang menggodok perencanaan jangka menengah, jangka pendek, dan jangka panjang. Ada yang jangka waktu tahunan, 5 tahunan dan 20 tahunan," jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Mengonsolidasikan Proses Transisi Lakpesdam

Perencanaan yang disusun di dalam Lakpesdam PBNU, terang Gus Ipul, akan meliputi hampir semua bidang. Untuk itu, Erick diharapkan dapat mengonsolidasikan proses transisi Lakpesdam ini hingga menjadi lembaga semacam Bappenasnya NU.

"Pak Erick diharapkan mengonsolidasikan dan membantu transisi itu, dari Lakpesdam yang selama ini hanya mengurusi SDM untuk kemudian menjadi Bappenasnya NU. Ini kan tentu perlu transisi dan transformasi," ujarnya.

Gus Ipul menambahkan, Erick Thohir merupakan sosok yang tepat untuk menjadi ketua Lakpesdam PBNU karena memiliki berbagai pengalaman. Mulai dari pengalaman sebagai teknokratis hingga pengalaman-pengalaman lainnya.

"Yang nantinya diharapkan menyusun satu rencana transformasi itu dengan baik, termasuk transformasi digital terkait tata kelola," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini