Sukses

Irjen Firman Santyabudi Pensiun, Kapolri Tunjuk Brigjen Aan Suhanan Jadi Plh Kakorlantas

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi resmi pensiun dari Polri. Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo pun menunjuk sementara Brigjen Pol Aan Suhanan sebagai Plh Kakorlantas Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Irjen Pol Firman Santyabudi menyerahkan jabatannya sebagai Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Penyerahan jabatan itu dilakukan lantaran Firman resmi memasuki masa pensiunnya dari Korps Bhayangkara.

Momen penyerahan jabatan Kakorlantas termuat dalam unggahan akun instagram @ntmc_polri. Terlihat, Irjen Firman Santyabudi menjalani prosesi upacara pelepasan di Kantor Korlantas Polri, Jakarta Selatan pada Kamis (30/11/2023) malam.

“Irjen Pol Firman Shantyabudi menandatangani surat penyerahan jabatan Kakorlantas Polri kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, jajaran Korlantas polri juga melakukan upacara farewell parade perpisahan untuk Irjen Pol Firman Shantyabudi, Jakarta,” tulis akun tersebut.

Karena Firman telah memasuki massa pensiun, maka jabatan sementara Kakorlantas dijabat Brigjen Pol Aan Suhanan selaku pelaksana harian (Plh). Hal ini sejalan menunggu surat telegram dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menempatkan pati Polri pada jabatan tersebut.

“Belum (ada penggantinya). Sementara Lakhar (dijabat) Brigjen Pol Aan,” kata Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Pol Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Polri Siapkan Telegram Rotasi Jabatan

Secara terpisah, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyampaikan bahwa Polri saat ini masih dalam proses menyiapkan surat telegram untuk rotasi sejumlah jabatan.

“Pasti dalam hal ini Pak Kapolri atau Pejabat sudah siap menentukan siapa calon yang cocok untuk mengganti beliau (Firman Santyabudi), enggak ada kendala ya,” kata Ramadhan.

“Yang jelas beliau karena memasuki masa pensiun. Usia pensiun kan 58 tahun, jadi beliau di bulan ini (November) pas 58 tahun. Jadi memasuki masa pensiun,” tambahnya.

 

3 dari 3 halaman

Profil Irjen Firman Santyabudi, Putra Wapres ke-6 RI Try Sutrisno

Irjen Pol Firman Santyabudi merupakan perwira tinggi Polri di Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) yang telah menjabat sebagai Kakorlantas Polri sejak 31 Oktober 2021, menggantikan Irjen Istiono.

Pria kelahiran 17 November 1965 itu merupakan putra dari Wakil Presiden (Wapres) ke-6 RI Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno dan Tuti Sutiawati.

Luluskan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 ini telah menduduki sejumlah jabatan di bidang polisi lalu lintas, di antaranya Wadirlantas Polda Metro Jaya, Kasubdit Jianmas Ditlantas Babinkam Polri, Dirlantas Polda Sumatera Selatan, Analis Kebijakan Madya Bidang Korlantas Polri, hingga menjadi Kakorlantas Polri.

Selain itu, Firman juga pernah menempati posisi sebagai Kapolsek Metro Menteng, Kepala SPN Lido Polda Metro Jaya (2008), Kapolres Metro Jakarta Selatan (2009), dan Kapolda Jambi (2020).

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.