Sukses

Project Film Dayak Kaltim Dibintangi Aktor Kawakan, Akmal Malik Beri Dukungan Penuh

Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik siap mendukung project film yang akan mengangkat tentang suku Dayak Pulau Kalimantan.

Liputan6.com, Samarinda Sebuah project film yang mengangkat tentang suku Dayak Pulau Kalimantan akan dibuat. Nama-nama aktor yang bermain bukan sembarangan dan sudah punya nama besar di industri perfilman.

Perihal project film tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik mendukung project film yang akan mengangkat tentang suku Dayak Pulau Kalimantan. Ia berharap, adanya karya sinema tersebut dapat mengangkat keeksotisan suku asli yang mendiami tanah borneo.

"Kami mendukung pembuatan Film yang akan mengungkap fakta dan sejarah suku Dayak melalui instrumen sinematografi. Saya berharap eksotisme kebudayaan suku Dayak dapat terangkat menjadi kebanggaan masyarakat di tanah Borneo," ucap Akmal Malik saat audiensi bersama Dewan Adat Dayak membahas pembuatan Project Film Dayak, belum lama ini.

Project film tersebut nantinya akan menjadi dokumen penting bagi pengabadian sejarah, cerita, peristiwa Suku Dayak tempo dulu yang dikemas dengan dinamika cerita, baik fakta maupun fiksi dalam bentuk seni peran.

Karya sinema ini juga bertujuan memicu para penggiat budaya untuk lebih aktif mengangkat sejarah dan cerita suku-suku di Indonesia agar bisa mendunia. Film ini dibuat untuk menginspirasi pihak terkait model edukasi dalam menangani konflik sosial budaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deretan Aktor yang Terlibat

Lebih lanjut Akmal Malik mengharapkan adanya project film ini, suku-suku di Indonesia bisa belajar dari peristiwa lampau Suku Dayak, yang memiliki sejarah kelam yang panjang namun dengan mengandalkan kearifan lokal seluruh dub Suku Dayak di pulau Borneo.

Kalimantan mampu mengatasi permasalahan/konflik tersebut melalui perdamaian yang kokoh dan konstruktif dikenal dengan Rapat Perdamaian Tumbang Anoi Wilayah Kalimantan Tengah 1894.

Aktor yang akan berperan dalam film Dayak ini rencananya akan menghadirkan tokoh Nasional Indonesia Seperti Presiden, Jendral TNI-Polri, Gubernur se Kalimantan, Budayawan, pemuda/pemudi Kalimantan dan aktor kawakan seperti Iko Uwais, Joe Taslim, Julie Estelle dan Pevita Pearce.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini